Resmi! Komjen Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

  • Whatsapp
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri,Komjen Listyo Sigit Prabowo.

INDOPOLITIKA.COM – Teka-teki siapa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis terjawab sudah. Ya, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim resmi diajukan Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri.

Presiden Joko Widodo menyampaikan usulan nama calon tunggal Kapolri ke DPR pada Rabu (13/1/2021). “Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.

Berita Lainnya

Selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. Setelah menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Adapun Jenderal Idham Azis sedikit lagi akan memasuki masa pensiun. Idham menjabat sebagai Kapolri mulai 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI Pratikno menyambangi Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021) untuk menyerahkan langsung surat presiden terkait calon Kapolri. Disambut Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar.

Sufmi Dasco sebelumnya mengatakan DPR akan menerima surpres calon kapolri pada hari ini, Rabu (13/1). Menurutnya, DPR akan langsung memproses surpres usulan nama calon Kapolri itu sesuai mekanisme yang berlaku.

“Tentunya kalau surat sudah masuk, kita akan bahas sesuai dengan mekanisme yang berlaku di DPR,” kata Dasco.

Untuk diketahui, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan bahwa Kompolnas mengusulkan lima nama jenderal bintang tiga alias berpangkat komisaris jenderal (komjen) ke Jokowi sebagai pengganti Idham.

Mereka yang diusulkan oleh Kompolnas adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, serta Kalemdikpol Komjen Arief Sulistyanto. [ind]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *