Resmi! Newcastle United Jadi Milik Pangeran Arab Saudi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Klub Liga Inggris Newcastle United resmi menjadi milik Pangeran Arab Saudi, Muhammad bin Salman.

Kabar itu disampaikan langsung kubu The Magpies. Perusahaan konsorsium Muhammad bin Salman, Public Investment Fund (PIF) resmi mengakuisisi Newcastle, Kamis (7/10/2021) malam WIB. FIP mengambil alih 100 persen Newcastle dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley.

Berita Lainnya

“Grup investasi yang dipimpin oleh Public Investment Fund, dan juga terdiri dari PCP Capital Partners dan RB Sports & Media, telah menyelesaikan akuisisi 100% dari Newcastle United Limited dan Newcastle United Football Club Limited dari St. James Holdings Limited,” begitu pernyataan resmi yang dikeluarkan Newcastle di media sosial.

Semua persyaratan akuisisi Newcastle United telah disetujui oleh Premier League. Gubernur PIF, Yasir Al-Rumayyan, ditunjuk sebagai Ketua Non-Eksekutif Newcastle.

“Kami sangat bangga menjadi pemilik baru Newcastle United, salah satu klub paling terkenal di sepak bola Inggris. Kami berterima kasih kepada para penggemar Newcastle atas dukungan setia mereka selama bertahun-tahun dan kami senang bekerja sama dengan mereka,” kata Al-Rumayyan kepada laman resmi klub.

Proses akuisisi Newcastle United oleh Arab Saudi sebelumnya sempat terhambat, di antaranya karena isu pembajakan hak siar Liga Inggris yang marak di negara tersebut.

Namun, masalah tersebut akhirnya beres setelah Arab Saudi mencapai resolusi dengan pihak BeIN Sports yang memegang hak siar Liga Inggris di kawasan Timur Tengah.

Total akuisisi tersebut dilaporkan mencapai nilai 300 juta pounds atau sekitar Rp5,8 triliun. Kehadiran pemilik klub dari Arab Saudi ini sekaligus menambah bos-bos asal Timur Tengah yang mengakuisisi klub-klub Eropa.

Di Liga Inggris ada Manchester City yang diakuisisi salah satu anggota kerajaan Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, pada 2008. Selain itu, ada pula Paris Saint-Germain dari Prancis yang dimiliki pengusaha Qatar, Nasser Al-Khelaifi.[fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *