Pemerintahan

Resmikan 5 ‘Venue’ Olahraga, Presiden Jokowi: Indonesia Siap Sambut Asian Games 2018

Presiden Jokowi meresmikan 5 venue di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Sabtu (14/7. (Foto: Humas/Dindha)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup kegiatannya di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, dengan meresmikan 5 venue olahraga yang sudah dikunjungi, Sabtu (14/7).

Presiden datang ke tempat peresmian di Jakabaring Rowing & Canoeing Regatta Course dengan menaiki perahu naga. Presiden dan rombongan mendayung sendiri perahu yang ditumpangi, sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terlihat duduk di ujung depan perahu sambil memukul gendang.

Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, dan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin, Presiden kemudian menandatangani prasasti tanda peresmian arena dayung Rowing & Canoeing Regatta Course, shooting range, arena bowling, lapangan voli pantai, dan arena skateboard.

Presiden mengatakan bahwa venue-venue yang akan digunakan pada Asian Games ke-18 yang akan dihelat bulan Agustus dan September mendatang sudah siap.

“Indonesia siap menyambut penyelenggaraan Asian Games Tahun 2018,” kata Presiden Jokowi  seraya mengucapkan selamat datang kepada seluruh atlet dan official, yang diperkirakan akan hadir 16.000 atlet dan official dari 45 negara.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden sekaligus meresmikan pembukaan lomba dayung perahu naga Piala Presiden. Lomba ini akan diselenggarakan pada 14-15 Juli 2018.

Perlombaan tersebut merupakan lomba pertama yang diselenggarakan di arena dayung Jakabaring Rowing & Canoeing Regatta Course dan menjadi ajang uji coba jelang Asian Games 2018.

22 tim putra dan 9 tim putri dari 18 provinsi, serta 4 tim dari TNI dan Polri akan memperebutkan 4 medali emas di nomor 500 meter dan 200 meter putra dan putri, serta hadiah dari Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB-PODSI) dan Pemerintah Provinsi Sumsel dengan jumlah total Rp1 miliar.

Arena dayung Jakabaring Rowing & Canoeing Regatta Course merupakan danau buatan di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) dengan panjang 2.000 meter dan lebar 200 meter. Di tengah-tengahnya, lintasan melebar membentuk bundaran berdiameter sekitar 300 meter.

Di sisi danau sebelah selatan, dibangun sebuah stadion berkapasitas 2.000 tempat duduk. Ini merupakan stadion dayung terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. (GUN/ES)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close