Resmikan Mess Pramuka Leanpuri, Herman Deru Dorong Terbentuknya ‘Satuan Pramuka Siaga Bencana’

Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan Mess Pramuka Leanpuri dikomplek Bumi Perkemahan Gandus Palembang/ist

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Majelis Bimbingan Daerah (Kamabida) Pramuka Sumsel, Herman Deru (HD) meresmikan Mess Pramuka Leanpuri dikomplek Bumi Perkemahan Gandus Palembang, Selasa, (8/11/2022).

Dalam sambutannya, HD menyampaikan Bumi Perkemahan Gandus itu cukup strategis karena tidak jauh dari kota dan harus diisi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

“Meski memiliki tempat yang strategis, luas, megah dan membanggakan tidaklah cukup jika tidak diperkenalkan melalui kegiatan kepramukaan,” ungkapnya.

HD menambahkan, Bumi Perkemahan Gandus Palembang akan menjadi Tuan Rumah dalam pagelaran Pertikaranas 2022. Ia berharap, kedepannya Pramuka yang ada di Sumatera Selatan dapat memberikan kontribusi ketika terjadi bencana alam.

“Makanya saya menyetujui jika Pertikaranas digelar di sini (Sumsel, red), guna membangkitkan lagi gairah kepramukaan yang ada di Sumatera Selatan,” ungkap HD.

Selain itu, HD juga meminta kepada satuan pramuka untuk dapat membentuk satuan pramuka siaga. Dengan tujuan, dapat membantu lembaga terkait kebencanaan seperti BPBD dan Basarnas.

“Kecakapan penanganan bencana ini juga penting. Jangan hanya mengandalkan BPBD dan Basarnas saja. Satuan pramuka harus turut membantu dengan membuat Satuan Pramuka Siaga. Agar ada kelebihan di dalam satuan pramuka Sumatera Selatan,” tambah HD.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Sumatera Selatan, Basyaruddin Akhmad menyebutkan bahwa Bumi Perkemahan Gandus memiliki luas lahan kurang lebih 20 hektar.

Untuk mess Leanpuri berdiri diatas tanah seluas 2.500 meter, dengan luas bangunan 420 meter persegi. Menjadikan mess ini sebagai mess yang luas dan megah.

“Bangunan Mess Leanpuri memiliki dua lantai dengan 24 kamar dan masing masing memiliki kamar mandi di dalamnya. Serta fasilitas tempat tidur dan kipas angin,” ungkap Basyaruddin.

Dalam peresmian tersebut, terlihat hadir juga Kakwarda Sumatera Selatan, Riza fahlevi, Para Wakil Ketua Kwarda Sumatera Selatan, H Giri Ramanda, Hj. Samantha Tivani HD, dan H. Alfarenzi Panggarbesi serta Para Kepala OPD Povinsi Sumatera Selatan. [Red]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *