Tokoh Pemuka Agama Turun Gunung Back Up KPK

Revisi UU Justru Melemahkan KPK

  • Whatsapp
Para pemuka agama saat menyatakan sikap menolak revisi Undang-Undang KPK di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan

INDOPOLITIKA.COM- Sejumlah tokoh pemuka agama ikut turun gunung menyokong KPK. Siang tadi mereka berkumpul di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka menolak rencana revisi terhadap Undang-Undang (UU) KPK.

“RUU itu sifatnya melemahkan KPK. Pada intinya setiap undang-undang perubahan itu kan dinamis ya. Tapi kalo perubahan itu sifatnya tidak baik ya kami suarakan,” ucap salah satu pemuka agama, Peter Lesmana, Selasa (10/9).

Baca Juga:

Peter menilai proses revisi itu tidak sesuai ketentuan UU Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Selain tidak taat prosedur, revisi UU KPK juga bermotif pelemahan KPK dengan berbagai cara, termasuk memperlemah kewenangan dan merusak keorganisasian di KPK.

Karena itu, Peter berharap presiden Jokowi dapat menolak usulan DPR tentang RUU KPK. “Yang jelas kita berharap, apapun yang telah kita suarakan itu sampai ke Presiden,” pungkasnya.

Berikut ini beberapa poin yang dilayangkan oleh para pemuka agama. Mereka mendesak:

1. Presiden untuk tidak mendukung tindakan tindakan pelemahan upaya pemberantasan korupsi. Termasuk di dalamnya pelemahan terhadap KPK.

2. Presiden tidak mengirimkan Surat Presiden (Surpes) kepada DPR sebagai tindak lanjut pembentukan RUU revisi KPK, sehingga pembahasannya terhenti.

3. DPR untuk berhenti melakukan tindakan yang mendukung pelemahan pemberantasan korupsi, termasuk didalamnya pelemahan KPK.

4. Masyarakat untuk menyuarakan dan menghadang pelemahan pemberantasan korupsi di dalamnya KPK. Karena korupsi adalah akar kemiskinan dan merenggut hak hak warga masyarakat secara umum. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *