Internasional

RI-Brunei Darussalam Akan Rampungkan MoU Perlindungan TKI

Menlu Retno Marsudi sepakat rampungkan MoU Perlindungan TKI dengan Menlu Brunei (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Sebagai negara tetangga, hubungan Indonesia dan Brunei Darussalam sangat dekat. Bahkan hampir 20 persen populasi Brunei Darussalam merupakan pekerja migran Indonesia.
 
Dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam Erywan Yusof membahas mengenai intensifitas perundingan menyelesaikan nota kesepahaman (MoU) penempatan dan perlindungan para pekerja migran Indonesia.
 
"Kita bicara mengenai masalah keberadaan para pekerja Indonesia dan warga negara Indonesia yang ada di Brunei Darussalam. Kita sepakat mengintensifkan perundingan dalam rangka menyelesaikan MoU penempatan dan perlindungan pekerja Indonesia di Brunei," ucap Menlu Retno, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 20 Juli 2018.
 
Dia mengatakan masalah penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) merupakan hal penting. Hal ini dikarenakan jumlah WNI yang banyak di sana.
 
"Mayoritas dari 82 atau 83 ribu WNI di Brunei Darussalam adalah pekerja. Kita bisa lihat seberapa pentingnya MoU ini bisa diselesaikan," ungkap dia.
 
Menlu Retno mengatakan dia sangat mendorong pihak Brunei Darussalam juga bekerja dalam menyelesaikan MoU tersebut. Pasalnya, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah sudah menyampaikan pentingnya segera diselesaikan.
 
"Dari pihak mereka oke, karena mereka menyanggupi untuk menyelesaikan sebelum akhir tahun ini. Paling tidak, timeline itu akan menjadi patokan untuk mendorong negosiasi agar dapat diintensifkan," imbuh dia.
 
MoU ini diharapkan bisa berdampak pada seluruh pekerja Indonesia di Brunei Darussalam, termasuk pekerja domestik dan lainnya.
 
Selain membahas mengenai MoU Perlindungan WNI dan TKI, ada delapan poin lain yang dibahas kedua menteri, termasuk diantaranya industri strategis, meningkatkan kerja sama dalam mencegah kejahatan transnasional.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close