Ribuan ‘Telur Es’ Berserakan di Sepanjang Pantai Finlandia

  • Whatsapp
'Telur Es' yang ditemukan di Pantai Finlandia. Foto: Risto Mattila.

INDOPOLITIKA.COM – Sebuah pemandangan langka terlihat di sebuah pantai di Finlandia. Pasangan suami istri yang kebetulan sedang jalan-jalan di sekitar lokasi menemukan ribuan “telur es” yang seolah-olah berserakan di lokasi tersebut.

Melansir laman the guardian, fenomena tersebut menurut para ahli hanya terjadi dalam kondisi yang sangat khusus. Telur-telur langka itu ditemukan pertama kali oleh Risto Mattila, seorang fotografer amatir yang kemudian memotretnya.

Baca Juga:

Menurut dia, saat itu dia dan istrinya sedang berjalan di sepanjang pantai Marjaniemi di pulau Hailuoto, pada Minggu (3/11/2019) setempat. “Telur-telur tersebut ditemukan hampir menutupi garis pantai sepanjang 30 meter. Telur terbesarnya seukuran sepak bola,” kata Mattila.

“Itu pemandangan yang menakjubkan. Saya belum pernah melihat fenomena ini sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, Jouni Vainio, seorang spesialis es di Institut Meteorologi Finlandia, mengatakan kejadian itu tidak umum, tetapi dapat terjadi sekitar setahun sekali dalam kondisi cuaca yang tepat. “Anda membutuhkan suhu udara yang tepat (di bawah nol, tetapi hanya sedikit), suhu air yang tepat (mendekati titik beku), pantai berpasir yang landai dan gelombang tenang, mungkin gelombang kecil,” katanya.

“Kamu juga butuh suatu pemicu sebagai intinya. Pemicu inti tadi akan mulai mengumpulkan es di sekitarnya yang berbentuk seperti bola kecil. Kemudian gelombang itu bergerak maju mundur di sepanjang permukaan pantai,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Dr James Carter, Profesor Geografi-Geologi Emeritus di Illinois State University menegaskan, musim gugur adalah waktu yang tepat untuk melihat fenomena langka tersebut.

“Terima kasih kepada fotografer yang berbagi foto dan pengamatannya. Sekarang dunia dapat melihat sesuatu yang sebagian besar dari yang belum pernah bisa dilihat sebelumnya,” tuntasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *