Ribuan Tenaga Ahli Asing Serbu Tangerang  

  • Whatsapp
Pelaksana tugas (Plt) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Dodi Karnida

INDOPOLITIKA.COM- Ribuan warga Negara Asing asal China, Korea Selatan, India, Malaysia maupun Jepang, yang berstatus tenaga ahli ternyata banyak dijumpai menetap di wilayah Tangerang.

 Pelaksana tugas (Plt) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Dodi Karnida, mengatakan WN asal Tiongkok yang tinggal dan bekerja di Tangerang masih mendominasi, dengan jumlah sebanyak 2.040 jiwa.

Baca Juga:

“Untuk di Tangerang Raya memang mayoritas dari Tiongkok. Yang kedua WNA asal Korea Selatan mendominasi,” ujar Dodi di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis, (19/9).

Dodi menjelaskan kebanyakan dari warga negara asing tersebut tinggal di Tangerang sebagai tenaga ahli, lantaran kawasan Kabupaten Tangerang terutama Cikupa terdapat banyak industri dari Tiongkok.

“Mereka mungkin sebagai tenaga kerja asing atau sebagai tenaga ahli, karena banyak proyek-proyek perusahaan Tiongkok di sini. Ada juga perusahaan Korea Selatan, kemudian India, Malaysia, Jepang, dan sebagainya,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya akan rutin mengadakan pengecekan dan pengawasan kepada WNA yang bertempat tinggal dan bekerja di Tangerang. Beberapa sanksi tegas akan diberikan bagi WNA yang tidak taat peraturan berupa dokumen dan pelanggaran pidana.

“Sanksinya ada dua, ada sanksi administrasi keimigrasian. Detensi (Tempat penampungan WNA) dulu ditahan lalu di deportasi dan kita ajukan datanya ke dalam daftar penangkaran untuk blacklist dan tidak boleh diajukan masuk ke Indonesia lagi,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mencatat sebanyak 4.445 Warga Negara Asing (WNA) menetap di Tangerang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi WNA yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan, yang dicatat pekan lalu.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *