Ricuh Dilarang Ziarah, Peziarah Jebol Pagar TPU Tegar Alur Jakarta Barat

  • Whatsapp
Ricuh di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. Foto: tangkapan layar instagram @warung_jurnalis

INDOPOLITIKA.COM – Kericuhan sempat terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat karena peziarah memaksa masuk. Dari video pendek yang beredar, pintu gerbang TPU tersebut dijebol paksa sebelum akhirnya para peziarah merangsek masuk.

Sempat terjadi aksi saling dorong sehingga petugas akhirnya membuka akses TPU untuk para peziarah. Kini, kondisi TPU tersebut mulai lengang setelah dijaga polisi. “Iya benar (tadi sempat ricuh),” kata Kasatpol PP Jakbar Tamo Sijabat saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

Berita Lainnya

Tamo menuturkan petugas di lokasi memperbolehkan para peziarah masuk ke area TPU guna menghindari kericuhan lebih lanjut. Tamo menyebut petugas di lapangan tetap mengawasi penerapan protokol kesehatan di sana agar tidak terjadi kerumunan.

“Karena jumlahnya banyak ada seratusan kali yang coba (masuk) daripada nanti diprovokasi yang enggak-enggak jadi akhirnya diberikan masuk. Tapi di dalam kita ingatkan supaya ziarahnya dipercepat gitu, enggak usah ngobrol-ngobrol lagi selesai ziarah langsung pulang, enggak berkumpul-kumpul. Kemudian jaga jarak dan pakai masker, tadi anggota ngasih masker cukup banyak juga tadi 500 masker dibagikan,” imbuhnya.

Situasi terkini menjelang sore di blok AA 1 Unit Islam terlihat sepi. Tidak ada lagi rombongan warga yang berziarah seperti sebelum kejadian jebolnya pintu gerbang. Meski begitu, masih terlihat adanya peziarah yang berkunjung. Polisi tampak menyisir sejumlah titik yang masih ditemui warga berziarah.

Para pedagang terlihat masih bertahan di area pemakaman Unit Islam. Mereka tampak sedang membereskan dagangannya. Terpantau aparat gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP berjaga di pintu gerbang TPU Tegal Alur. Lalu lintas terpantau lancar setelah sempat macet akibat kejadian ricuh peziarah yang memaksa masuk pemakaman.

“Untuk yang harus diantisipasi sehabis Jumatan, Asar ini waktu yang rawan. Tolong nanti Pak Kabagops dibuatkan sprint hari ini maupun besok, Sabtu dan Minggu, dibuatkan sprint untuk back up pasukan pengamanan yang ada di TPU Tegal Alur di semua titik-titik. Jadi biar anggota tahu tugasnya dari pagi hingga sore,” kata Wakapolres Jakarta Barat AKBP Bismo Teguh Prakoso saat memimpin apel pasukan di TPU Tegal Alur, Kalideres. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *