Ridwan Hisjam: Golkar Harus Miliki Paradigma Baru

  • Whatsapp
Politisi senior Ridwan Hisjam

INDOPOLITIKA.COM – Partai Golkar dinilai sedang terpuruk. Golkar hanya mampu menang sekali dalam pemilu 2004 saat dipimpin oleh Akbar Tanjung, setelah itu, Golkar semakin terpuruk.

Menanggapi hal ini, Politisi Senior Partai Golkar Ridwan Hisjam mengatakan, Partai Golkar harus mempunyai paradigma baru dalam berpolitik. Hal itu ia tuangkan dalam bukunya, bertajuk ‘Reformasi Paradigma Baru Partai Golkar.’

Muat Lebih

“Adanya paradigma baru partai Golkar tepatnya yaitu dibuat oleh kepemimpinan pak Akbar Tandjung pada tahun 1999 dan menghasilkan kemenangan partai Golkar nomor 1 di dalam pemilu pada 2004,” ujarnya di Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

“Ternyata setelah pemilu 2004, di 2009, di 2014 dan sekarang 2019 semua menurun, jadi kami tetap di nomor 2, sehingga saya selaku kader Golkar yang ikut di dalam proses reformasi, saya menganggap perlu ada reformasi kedua partai Golkar,” jelasnya.

Ridwan yang juga mencalonkan diri sebagai calon ketua umum (caketum) partai Golkar ini juga menyebut setelah 2004 pasca kemenangan Golkar, partai besutan Soeharto itu tidak melakukan dan merombak paradigma yang sudah bergeser kepada paradigma yang baru.

“Karena ternyata reformasi yang dilakukan pada tahun ’99 hanya bisa menghasilkan menang sekali, setelah itu tidak pernah ada. Kenapa? Karena terjadi paradigma baru itu ada pergeseran-pergeseran, sehingga perlu di reform kembali, nah itu yang kita lihat di sini,” paparnya.

Ia menuturkan, peluang untuk merombak paradigma lama masih memiliki peluang yang lebar. Ia berharap Partai Golkar bisa segera melakukan perubahan itu.

“Peluangnya ada. Karena pemilih pemula yang kita namakan kaum millenial dan generasi Z itu 70% adalah pemilih politik di tahun 2024 dan kebetulan Indonesia itu mendapatkan bonus demografi,” ungkapnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *