Ridwan Hisjam: Sumpah Pemuda Jadi Cikal Bakal Bangsa Indonesia

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019 menjadi sangat sakral untuk masyarakat Indonesia. Hal itu mengingatkan bangsa ini dalam mempersatukan elemen bangsa dalam membangun Indonesia.

Politisi senior partai Golkar Ridwan Hisjam menyebut Sumpah Pemuda merupakan cikal bakal berdirinya bangsa Indonesia. Menurutnya, siklus 20 tahunan juga berasal dari sumpah pemuda.

Muat Lebih

“Sumpah Pemuda pada tahun 1928 ini cikal bakal bangsa Indonesia, walaupun di awali dengan gerakan 1908 Budi Utomo. 20 tahun kemudian dia sudah menjadi sesuatu yang menyatukan indonesia,” ujar Ridwan Hisjam, di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Rdwan mengungkapkan, siklus politik 20 tahunan Indonesia terus terjadi perubahan. Ridwan mencontohkan, dari tahun 1945 ke 1965 muncul Orde Baru, dengan perubahan, kemudian tahun 1998 muncul reformasi.

“Sekarang reformasi sudah 20 tahun sehingga memang ditahun-tahun ini harus terjadi perubahan. Dan perubahan itu hal yang pasti. Sesuatu yang pasti itu tidak pasti. Tapi perubahan itu pasti,” kata Ridwan.

Ridwan menuturkan, siklus 20 tahunan ini disadari oleh Presiden Joko Widodo. Jika melihat susuanan kabinetnya banyak yang tidak masuk akal sehingga terjadi perdebatan dikalangan masyarakat.

“Tapi saya yakin pak Jokowi akan memperlihatkan paling tidak dalam 1 tahun ini kabinet bekerja, akan ada perubahan yang besar,” ucapnya.

Kemudian, Ridwan menyebut contoh figur Menteri Pendidikan Nadiem Makarim adalah sesuatu yang cukup besar. Tak hanya itu, Menteri BUMN dengan figur Erick Thohir.

“Ini anak-anak muda semua yang memimpin terjadi perubahan. Kita jangan reaktif, wah kok ini gak tepat. Kita harus lihat, Pak Jokowi menyadari itu. Tapi Pak Jokowi harus konsisten dalam hal ini. Jangan sampai nanti ada hambatan terus terjadi negoisasi politik yang merugikan bangsa dan negara,” tutur legislator dari Malang Raya itu.

Ridwan mengatakan, di periode kedua Jokowi ini memasuki siklus 20 tahunan akan ada perubahan besar pada Indonesia. Pemerintah dalam hal ini, harus bisa menjelaskan kepada masyarakat.

Perubahan itu akan terjadi secara mulus dan happy ending. Jadi tidak terjadi kegiatan huru hara. Proses 20 tahun ini jangan terjadi huru hara. Dan rakyat akan berubah menuju indonesia emas 2045. Karena pada saat ini indonesia berumur 100 tahun. Pondasi itu sudah diletakan jokowi pada periode kedua ini,” tegas Ridwan.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *