Daerah

Riny Fitrianti: Perempuan Punya Peran Penting Dalam Pembangunan Indonesia

Tanjung Pinang – Banyak tokoh pejuang perempuan di Indonesia yang memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia, diantaranya ada RA Kartini sosok yang berjasa dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan. Selain itu, ada Inggit Garnasih, wanita yang senantiasa menemani Bung Karno dalam memerdekakan Indonesia. Serta Cut Nyak Dien, pahlawan perempuan Aceh yang memberangus penjajahan, dan masih banyak tokoh-tokoh perempuan yang lainnya.

Perempuan memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah Indonesia. Begitupun hari ini dan kedepannya. Ada peran perempuan dalam perekonomian, politik, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Perempuan memiliki 35 persen usaha kecil dan menengah, jenis usaha inilah yang banyak memajukan perekonomian Indonesia. Selain itu data dari FAO menunjukkan bahwa 42 persen perempuan Indonesia aktif dalam kegiatan hulu ke hilir dalam budidaya perikanan. Sedangkan dari segi partisipasi politik proporsi perempuan yang berada di parlemen 19 persen.

Keberadaan perempuan dimasa kini menduduki jabatan penting di pemerintahan atau dimanapun merupakan kemajuan dalam upaya membangun Indonesia. Demikian dijelaskan oleh Riny Fitrianti calon anggota legislatif DPR RI Dapil Kepulauan Riu (Kepri) nomor urut 2 dari Partai Nasdem. Putri dari mantan gubernur Kepri HM Sani ini menegaskan bahwa perempuan Indonesia harus kompak dalam melakukan kinerja-kinerja produktif untuk membangun Indonesia.

“Perempuan secara kompak dan kompetitif memberikan segenap gagasan dan kinerjanya untuk membangun Indonesia. Perempuan harus juga mencurahkan segenap kreatifnya dan prestasinya untuk membanggakan Indonesia,” papar Riny Fitrianti kepada wartawan saat ditemui dikawasan Tanjung Pinang, Jumat, (7/12)

Menurut Riny, perempuan harus bersinergi dengan berbagai program pemerintah yang dapat membantu pengembangan perempuan diantaranya Coding Mum atau pelatihan bahasa pemprograman dari badan ekonomi kreatif.

“Saya kira semangat pemerintah juga sama yaitu memberdayakan perempuan untuk pembangunan Indonesia. Itu dibuktikan dengan berbagai program pemerintah yang sesuai dengan kebutuhan perempuan. Dengan itu, peran perempuan untuk membangun Indonesia sudah terbukti dan sangatlah penting. Perlu terus diberdayakan dan dilanjutkan,” pungkas Riny.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close