Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Yang Jadi Pahlawan

  • Whatsapp
Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan yang jadi Pahlawan

INDOPOLITIKA.COM – Jurnalis perempuan yang juga memiliki pemikiran dan penggerak yang punya andil dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, Rohana Kudus, ditetapkan sebagai pahlawan nasional tahun ini. Hal ini dipastikan melalui surat keputusan Kementerian Sosial RI yang dikeluarkan hari ini, Kamis (07/11/2019).

“Usulan almarhumah Rohana Kudus menjadi pahlawan nasional telah disetujui setelah adanya pertemuan Dewan Gelar dan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Bapak Presiden RI Joko Widodo kemarin, Rabu (6/11),” kata Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:

Penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Rohana Kudus ini akan dilaksanakan pada Sabtu (8/11) di Istana Negara, Jakarta. Nantinya penganugerahan ini akan diberikan kepada ahli waris dan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Rohana Kudus lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 20 Desember 1884 silam.

Kendati tak mengecap pendidikan formal, ia tetap bisa belajar membaca dan menulis dari sang ayah, seorang orang jurnalis Muhammad Sasjad Maharadja Soetan, yang selalu membawakannya buku usai bekerja.

Rohana Kudus adalah kakak tiri dari Soetan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia yang pertama dan juga bibi dari penyair Chairil Anwar. Dia juga merupakan sepupu dari KH Agus Salim.

Pada 1911, Rohana mendirikan sekolah Kerajinan Amai Setia (KAS) di Koto Gadang. Sembari aktif di bidang pendidikan, Rohana menulis di surat kabar perempuan, Poetri Hindia. Ketika diberedel Pemerintah Belanda, Rohana berinisiatif mendirikan surat kabar, bernama Sunting Melayu, yang tercatat sebagai salah satu surat kabar perempuan pertama di Indonesia. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *