Internasional

Rombak Kabinet, PM Jepang Copot Menhan

PM Jepang Shinzo Abe di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS, 26 September 2018. (Foto: AFP/JIM WATSON)

Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mencopot menteri pertahanan dalam sebuah perombakan kabinet. Beberapa posisi kunci tidak terkena perombakan.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, kabinet baru Jepang akan diumumkan hari ini, Selasa 2 Oktober 2018. Meski nama-namanya belum keluar, media lokal menyebut Abe memutuskan mengganti Itsunori Onodera yang telah menjadi menhan sejak Agustus tahun lalu.

Onodera, dikenal sebagai pakar pertahanan, dilaporkan akan diganti oleh Takeshi Iwaya. Berusia 61 tahun, Iwaya adalah politikus veteran yang pernah menjadi wakil menhan dan luar negeri.

Perombakan kabinet dilakukan usai PM Abe kembali terpilih sebagai ketua Partai Liberal Demokratik (LDP) bulan lalu. Kemenangan tersebut menempatkan Abe sebagai kandidat PM terlama di Jepang.

Iwaya akan menggantikan peran Onodera dalam mengantisipasi ancaman dari Korea Utara, meski ketegangan di Semenanjung Korea secara umum telah menurun. Ia juga akan mengamati perkembangan dari proses negosiasi denuklirisasi Korut.

Baca: PM Jepang Bersedia Bertemu Kim Jong-un dengan Syarat

Dalam rapat tahunan Kemenhan Jepang pada Agustus, disebutkan bahwa Korut masih menjadi "ancaman serius" bagi Negeri Sakura.

Rapat juga membahas mengenai peningkatan aktivitas militer Tiongkok. Disebutkan bahwa Beijing memicu "kekhawatiran sektor keamanan di kawasan dan komunitas internasional, termasuk Jepang."

Media lokal menyebut PM Abe akan mempertahankan beberapa posisi menteri utama, seperti Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, Menteri Keuangan Taro Aso dan Menteri Luar Negeri Taro Kono.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close