RS di Jakarta 30% Diisi Warga Non-Jakarta, Pemprov DKI Minta Pusat Tingkatkan Fasilitas Kesehatan di Bodetabek

  • Whatsapp
Penampakan hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) sebagai Rumah sakit khusus rujukan pasien Covid-19. - Istimewa / Pertamina

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta pemerintah pusat meningkatkan fasilitas kesehatan (faskes) di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). Pasalnya, 24-30% pasien Covid-19 yang dirawat di Jakarta merupakan warga Bodetabek.

Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pusat terkait peningkatan bantuan fasilitas kesehatan yang memadai di wilayah sekitar Jakarta.

Berita Lainnya

“Saya sampaikan perlunya koordinasi, Pak Gubernur juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat, lewat pemerintah pusat nanti akan mengkoordinasikan perlunya dukungan bantuan bagi daerah-daerah selain Jakarta agar juga mempersiapkan rumah sakit rujukan, tempat tidur isolasi, ICU (intensive care unit) dan faskes lainnya,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Ahmad Riza Patria (Ariza) di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Ariza mengatakan, langkah DKI Jakarta meningkatkan jumlah fasilitas kesehatan untuk Covid-19 akan percuma jika daerah sekitar Jakarta tidak melakukan peningkatan faskesnya. Menurut dia, hal tersebut bakal berdampak pada kapasitas faskes di Jakarta.

“Berharap nanti pemerintah pusat bisa mengambil alih, memimpin agar ada peningkatan fasilitas di sekitar Bodetabek sehingga ketersediaan fasilitas kesehatan di Jakarta bisa terus meningkat, tapi okupansinya turun,” tandas dia.

Pemprov DKI Jakarta, kata Ariza, tidak mungkin menolak pasien non-DKI Jakarta atau menerapkan syarat tertentu untuk orang dari luar Jakarta yang dirawat di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua, tanpa membeda-bedakan latar belakang pasien termasuk daerah asalnya.

“Rumah sakit Jakarta itu penuh salah satunya disebabkan 27-30% diisi warga non-Jakarta. Karena dalam melayani kami tidak pernah membedakan apa warga Jakarta atau non-Jakarta semua adalah saudara kita, keluarga besar kita, bangsa Indonesia,” kata dia.

Namun, sambung Riza, pemerintah pusat juga perlu mendukung daerah penyangga dengan menambah fasilitas kesehatan.

“Nggak cukup kalau kita Jakarta meningkatkan terus berbagai fasilitas tapi daerah lain nggak dapat dukungan. Kami juga Pemprov Jakarta perlu mendapat dukungan, selama ini kami terima kasih mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat, mudah-mudahan Pemerintah Pusat bisa menambah dukungan terkait Faskes. Selama ini sudah ada sesungguhnya, kami harap ada peningkatan bagi daerah di Bodetabek,” pungkasnya. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *