Rujak Center for Urban Studies Juga Kritik Anies Soal Monas Gundul

  • Whatsapp
Monas yang tampak gundul untuk direvitalisasi

INDOPOLITIKA.COM -Tak hanya Koalisi Pejalan Kaki, Rujak Center for Urban Studies juga mengkritik kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membabat sebanyak 190 pohon untuk merevitalisasi komplek Monas.

Direktur Rujak Center for Urban Studies Elisa Sutanudjaja mengkritik mengenai sayembara revitalisasi Monas. Imbasnya dari sayembara tersebut membuat ratusan pohon di kawasan Monas ditebang.

Bacaan Lainnya

“Sayembara publik dan didanai publik, tapi baik proses maupun hasilnya tidak ada publik di situ,” ujar Elisa, Minggu (19/1/2020).

Elisa mengatakan masyarakat tidak dilibatkan saat Pemprov DKI membuat sayembara desain revitalisasi Monas. Padahal masyarakat bisa dilibatkan dalam memberi masukan kepada finalis desain revitalisasi.

Tak hanya itu, kata Elisa, banyak masyarakat yang tidak mengenai sayembara dan rencana revitalisasi Monas. “Seharusnya ada platform atau tempat di mana publik bisa melihat karyanya (finalis dan pemenang desain revitalisasi Monas),” kata dia.

Dalam revitalisasi itu, sejumlah fasilitas publik akan dibangun di kawasan Monas. Selama proses pembangunan, pengelola menjanjikan para pengunjung tetap bisa memanfaatkan ruang publik yang disebut plaza untuk upacara, parade, bahkan pementasan seni. Hiburan lainnya ialah atraksi kolam air pada malam hari yang memanfaatkan teknologi pencahayaan.

Sebelumnya Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Isa Sanuri mengatakan, pohon-pohon itu terdampak revitalisasi Monas. Rencananya, sisi selatan Monas tersebut akan dibuat konsep plaza, sesuai hasil sayembara.

Bahkan isa menjanjikan Komplek Monas akan kembali dibuat hijau setelah proyek selesai. “Dikembalikan lagi nanti fungsinya. Itu kan bahan revitalisasi, karena itu memang bagian dari hasil sayembara, itu dibuat plaza. Kemudian nanti akan ditanam kembali di kawasan yang memang ada sekarang,” kata Isa saat dihubungi, Minggu (19/1/2020).

Tak hanya itu, Isa menjanjikan, kawasan hijau Monas akan ditambah. Rencannya, lokasi parkir akan dialihkan menjadi are hijau, sehingga tidak ada lagi area parkir di kawasan Monas. “Ke depan yang nanti (area) parkir itu kan nanti untuk jalur hijau juga,” katanya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *