Internasional

Rusia Kecam Serangan ke Parade Militer Iran

Parade militer Iran. (Foto: AFP).

Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam serangan terhadap militer Iran yang tengah melakukan parade. Pasalnya, serangan ini menyebabkan 24 orang tewas.

Putin juga menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Iran Hassan Rouhani atas insiden tersebut. Dia menyerukan kerja sama anti-teror yang lebih dalam antara kedua negara.

"Tolong terima belasungkawa kami yang mendalam atas tragedi yang dilakukan teroris di Ahvaz. Kami terkejut atas serangan berdarah ini," kata Putin dalam surat yang ditulis untuk Rouhani, dilansir dari AFP, Sabtu 22 September 2018.

"Kami berharap semua orang terlibat akan menghadapi hukuman yang layak," imbuh Putin.

Dia mengatakan peristiwa yang terjadi di Ahvaz mengingatkan dunia untuk melakukan pertempuran tanpa kompromi melawan teroris. "Saya ingin menegaskan kesiapan kita untuk terus membangun kerja sama dengan mitra kami, Iran, dalam melawan kejahatan ini," tukasnya.

Sekelompok orang menembaki parade militer Iran di kota Ahvaz, Iran, Sabtu 22 September 2018. Sebanyak 24 orang tewas, termasuk anak-anak dan wanita.

Para pelaku melepaskan tembakan dari sebuah taman dekat parade. Mereka semua dilaporkan mengenakan seragam militer. Kantor berita IRNA menyebut anggota grup ekstremis diyakini berada di balik serangan.

Iran menyalahkan serangan tersebut pada para teroris di regional Timur Tengah dan Amerika Serikat karena telah mensponsori mereka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close