Internasional

Rusia Peringatkan AS Jangan 'Bermain Api' dengan Sanksi

Wamenlu Rusia Sergei Ryabkov. (Foto: AFP)

Moskow: Rusia mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak "bermain api" terkait penjatuhan sanksi terbaru. Moskow menegaskan sanksi AS tidak akan bisa "mendikte" Negeri Beruang Merah.

Kamis kemarin, Washington menambahkan 33 warga Rusia dalam daftar individu yang dijatuhi sanksi. Sanksi juga dijatuhkan kepada elemen Tiongkok karena telah membeli produk pertahanan Rusia.

Baca: Tiongkok Beli Senjata Rusia, AS Berlakukan Sanksi

"Kami terus mengamati bagaimana AS mempraktikkan pemberlakuan sanksi terhadap negara kami. Sepertinya ini telah berubah menjadi semacam hiburan nasional, karena (sanksi) kemarin sudah menjadi langkah anti-Rusia ke-60 sejak 2011," kata Sergei Ryabkov, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia.

"Mendikte kemauan mereka ke Rusia tidak akan pernah berhasil," tulis Ryabkov, seperti dikutip dari Financial Times, Sabtu 22 September 2018. 

Tulisan Ryabkov tercantum dalam sebuah pernyataan yang dipampang di situs Kementerian Luar Negeri Rusia. 

AS mengatakan sebagian dari 33 orang itu ditambahkan ke daftar sanksi karena dugaan campur tangan mereka dalam pemilihan umum presiden AS pada 2016. 

"Tujuannya di sini tentu saja agar Rusia membayar kerugian yang telah mereka timbulkan," kata seorang pejabat AS kepada Financial Times.

Secara terpisah, Duta Besar AS untuk Rusia John Huntsman berkata dalam sebuah forum investasi di Moskow bahwa hubungan antara kedua negara saat ini sedang "tertekan."

Ia mengaku merasa tidak nyaman saat pergi bekerja setiap hari. Ia khawatir atmosfer saat ini dapat berpengaruh terhadap pasar dagang kedua negara.

"Beberapa bulan ke depan akan menjadi kunci dalam menstabilkan hubungan dan memperdalam kepercayaan antar kita. Kita harus bekerja keras mengembalikan level kepercayaan antar kedua negara," ungkap Huntsman.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close