Internasional

Rusia Sebut Suriah Siap Tuntaskan Masalah Terorisme di Idlib

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov dalam sebuah konferensi pers di Moskow, 14 Desember 2017. (Foto: AFP/ALEXANDER NEMENOV)

Moskow: Pemerintah Rusia menyebut pasukan Suriah siap menyelesaikan masalah "terorisme" di provinsi Idlib yang dikuasai sejumlah grup pemberontak dan ekstremis. 

Pernyataan Kremlin kemungkinan merujuk pada rencana serangan besar-besaran yang hendak dilancarkan Suriah ke Idlib.

"Kami tahu bahwa pasukan bersenjata Suriah sudah siap menyelesaikan masalah ini," kata juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, seperti dilansir dari kantor berita AFP.

Ia menambahkan Idlib adalah provinsi di Suriah yang saat ini menjadi "kantong-kantong terorisme."

Peskov tidak menyebutkan mengenai kapan pasukan Suriah akan melancarkan operasi ke Idlib. Ia juga tidak berkomentar mengenai laporan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) yang menyebut pesawat Rusia telah membombardir Idlib.

Baca: Pertama Sejak Tiga Pekan, Rusia Bommbardir Idlib

Menurut Peskov, sejumlah "teroris" di Idlib telah membuat situasi di Suriah secara keseluruhan tidak stabil.

"Hal ini menghambat usaha dalam mencapai suatu solusi politik dan diplomatik di Suriah," sebut Peskov.

Idlib dikuasai sejumlah grup pemberontak dan ekstremis, yang banyak di antaranya masuk daftar hitam komunitas internasional.

Pasukan Suriah kini dikabarkan sedang berkumpul di sekitar Idlib untuk bersiap menyerang saat perintah dari pimpinan tertinggi dikeluarkan.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengingatkan bahwa serangan Suriah ke Idlib akan berujung pada "tragedi kemanusiaan."

Merespons ucapan Trump, Peskov menyebut situasi seputar Idlib saat ini dapat berujung pada "konsekuensi berbahaya dan negatif" bagi keseluruhan negara Suriah.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close