Sah! Nikah Harus Berusia 19 Tahun

  • Whatsapp
Suasana Rapat pengesahan UU Perkawinan oleh anggota DPR, Senin (16/9)

INDOPOLITIKA.COM – DPR RI akhirnya mengesahkan Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan untuk menjadi UU. Salah satu perubahan dalam UU tersebut ialah batas minimal usia perkawinan yakni 19 tahun..

“Kami ucapkan terima kasih yang telah memberikan laporannya tentang perubahan UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Kami akan menyerahkan kepada seluruh fraksi apakah rancangan dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?” tanya Fahri, yang kemudian dijawab “Setuju” oleh seluruh Anggota Dewan yang hadir dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Baca Juga:

Wakil Ketua Badan Legislasi, Totok Daryanto mengatakan, DPR sepakat untuk merevisi secara terbatas Pasal 7 ayat 1 UU Perkawinan terkait batas usia minimal pernikahan bagi laki-laki dan perempuan.

Dia menjelaskan, dalam aturan tersebut, disepakati batasan usia minimal yang diperbolehkan melakukan perkawinan antara laki-laki dan perempuan adalah berusia 19 tahun.

“Dispensasi bisa diberikan harus melalui pengadilan yang diajukan oleh orangtua pihak laki-laki dan/atau perempuan,” ujarnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Susana Yembise mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada DPR RI. Dirinya mengatkan bahwa pengesahan ini menjadi hal yang sangat dinantikan oleh seluruh warga Indonesia, sebagai upaya menyelamatkan anak Indonesia atas praktik perkawinan anak.

“Kami sangat bahagia, bangga dan berterima kasih kepada DPR RI, sebagai lembaga legislatif, yang telah besama-sama dengan pemerintah telah membuat sejarah bagi bangsa Indonesia khususnya bagi 80 juta anak Indonesia, yaitu dengan melakukan terobosan yang progresif dengan melakukan pengesahan ini,” pungkas Yohana.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *