Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan Demi Tingkatkan SDM di Era Society 5.0

INDOPOLITIKA.COM – Sahabat Ganjar terus melakukan kegiatan sosial demi meningkatkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) di era society 5.0.

Terbaru, relawan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo itu menggelar lomba kejuruan bagi para siswa SMK teknik komputer dan jaringan (TKJ) se-Solo Raya di Hotel Novotel Solo, Jateng, Sabtu (21/5/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari 18 SMK terbaik di Solo Raya yang meliputi Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Klaten.

Wakil Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Jateng, Herson Rikumau mengatakan lomba ini mengangkat tema “Mempersiapkan Kompetensi SDM yang Berdaya Saing pada Era Society 5.0”.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan harus terus dilaksanakan sebagai sarana melatih kemampuan generasi muda agar lebih berkompeten dan juga mengembangkan potensi diri masing-masing,” kata Herson Rikumau dalam sambutannya di acara tersebut.

Herson mengatakan tujuan utama pendidikan kejuruan adalah memberikan keterampilan khusus dan pengetahuan tentang dunia industri kepada siswa sebagai bekal untuk memperoleh pekerjaan. Karena itu, tutur dia, lulusan dari SMK diharapkan sudah siap untuk memasuki dunia kerja.

“Selain itu juga dapat mengembangkan sikap profesional, mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri,” ungkap Herson.

Herson pun berharap lomba kejuruan siswa SMK TKJ se-Solo Raya bisa meningkatkan kapasitas, keterampilan dan pengetahuan para siswa. Menurutnya, materi-materi perlombaan bisa menjadi salah satu bekal para lulusan SMK untuk tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang.

“Kegiatan lomba ini juga sekaligus diharapkan dapat meningkatkan daya saing siswa agar mempunyai jiwa yang tangguh, jujur, dan disiplin,” imbuh Herson.

Panitia dari Sahabat Ganjar menyiapkan hadiah senilai Rp 15 juta disertai piala dan sertifikat. Hal ini membuat antusias peserta semakin tinggi dibuktikan dengan kuota pendaftaran yang langsung terisi penuh. Peserta melalui dua tahap proses penilaian berupa penilaian teori dan esai serta penilaian pada saat praktik.

Para peserta mengapresiasi kegiatan Sahabat Ganjar ini dengan sukacita.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Sahabat Ganjar serta timnya sudah mengadakan kegiatan seperti ini, dengan ini telah memberi peluang khususnya jurusan TKJ untuk meningkatkan skill serta daya bersaing yang memang seharusnya dimiliki sebelum masuk ke dalam dunia kerja,” ungkap Febriyanto, peserta asal SMK Veteran 1 Sukoharjo.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil pemenang dan sesi foto bersama seluruh peserta lomba kejuruan siswa SMK TKJ se-Solo Raya.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.