Saleh Daulay Klaim Seluruh Fraksi MPR dan DPD Sepakat Hidupkan Kembali GBHN

  • Whatsapp

Jakarta, Indopolitika.com — Wacana mengaktifkan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dari beberapa kalangan disambut positif oleh sekretaris fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay. Menurut Saleh Daulay, mengaktifkan kembali GBHN penting untuk menguatkan kembali kelembagaan MPR yang kini hanya melakukan sidang tahunan dan sosialisasi empat pilar.

“MPR itu beda dengan DPR dan DPD. DPR lebih ditekankan pada fungsi politik. Di sana ada fungsi-fungsi politik yang tersusun dalam komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan. MPR tentu melampaui itu. MPR rumah bagi semua, termasuk tempat pengaduan masyarakat luas berkenaan dengan politik kebangsaan,” kata Saleh Daulay kepada indopolitika.com, di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Muat Lebih

Terkait dengan amandemen terbatas UUD 1945 dan agenda menghidupkan kembali GBHN, semua fraksi dan kelompok DPD yang ada di MPR saat ini sudah menyetujuinya. Karena itu, arah yang disebutkan sudah sama. Bahkan, point-point penting yang perlu diamandemen sudah dikaji selama satu periode ini.

“Sebelum mengakhiri periode ini, MPR nanti akan menyampaikan usulan rekomendasi. Rekomendasi itu juga terkait dengan aspek-aspek yang terkait dengan amandemen. Sekarang malah sudah pada tahap finalisasi sebelum nanti diputuskan di paripurna,” pungkasnya. (TRA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *