Sambut Airin Maju Di Pilkada Banten, Warga Minta Sektor Wisata Religi Dikembangkan

Gambar Gravatar
Bakal calon Gubernur Banten 2024, Airin Rachmi Diany/ist

INDOPOLITIKA.COM – Munculnya nama mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon Gubernur Banten untuk Pilkada 2024 menuai respon dan sambutan positif dari berbagai lapisan masyarakat. Respon positif tersebut dibarengi dengan harapan agar Airin memperhatikan sejumlah sektor di Banten, salah satunya sektor wisata religi.

Pasalnya, Provinsi Banten dikenal sebagai daerah yang kental dengan nilai-nilai agama Islam. Mulai dari makam tokoh penyebar agama Islam hingga sejumlah situs peninggalan kesultanan dan kerjaan di Tanah Jawara terasebut.

Kepada awak media, Rusdi Ali Hanafi, salah satu warga di Kabupaten Serang mengatakan sektor wisata religi di Banten dinilai sangat potensial untuk dikembangkan. Apalagi menurutnya, Banten telah dikenal sejak lama dan populer di tengah masyarakat dengan warisan budaya keIslamannya.

“Kita berharap nantinya, ketika Ibu Airi menjadi Gubernur Banten, sektor ini semakin dikembangkan dan menjadi prioritas pembangunan di Banten. Maka itu kita siap mendukung beliau jadi Gubernur,” ungkapnya pada media, Kamis (13/10/2022).

Rusdi menyebut sejumlah situs yang populer dan menjadi destinasi yang selalu ramai dikunjungi di Banten. Mulai dari Masjid Agung Banten, cagar budaya Banten yang sudah sangat populer. Banyak wisatawan yang ingin mengetahui seluk beluk masjid bersejarah ini. Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada 1552-1570.

“Ada juga masjid tertua di Banten, Masjid Agung Tanara juga bisa menjadi alternatif wisata religi. Masjid ini peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin yang menjadi raja pertama di Banten. Selain itu, jejak dakwah Islam di Banten berawal dari masjid yang klasik ini. Kita yakin Ibu Airin sangat piawai mengemas dan mempromosikan sektor ini,” ungkapnya lagi.

Selain masjid, ada juga situs Batu Qur’an merupakan tempat ziarah yang memiliki sejarah yang unik. Penamaan Batu Qur’an berasal dari batu besar yang bertuliskan Alquran. Namun, masyrakat percaya hanya orang-orang yang memiliki ilmu tinggi yang bisa melihat tulisan Alquran di batu tersebut. Lalu ada Makam Syekh Maulana Mansyuruddin, Makam Syekh Abdul Jabbar, Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten, Makam Buya Hushtomi, Makam Syekh Muhammad Sholeh.

“Banten ini kan memang punya sejarah panjang yang sangat menarik. Jika sektor ini disuport secara penuh dan optimal, kami yakin Banten ini akan jadi tujuan utama wisata religi di level nasional bahkan internasional. Jadi kami menitipkan harapan ini kepada Bu Airin. Kami siap mendukung penuh beliau jadi Gubernur Banten,” pungkasnya.[dbm]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *