Nasional

Sambut Hari Lahir Pancasila, Mustofa Widjaja Ajak Warga Kepri Jaga Keberagaman

Batam – Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 1 Juni ini rutin dilperingati setiap tahunnya. Peringatan ini selalu di sambut baik oleh masyarakat Indonesia. Terlebih tokoh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Mustofa Widjaja, yang merupakan Pembina Forum Kepri Bersatu (FKB) sekaligus calon yang sudah mendaftarkan diri menjadi anggota DPD RI periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri.

Menurut Mustofa, peringatan ini sebagai momentum untuk mengembalikan semangat masyarakat Kepri dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. “Ini sesuai dengan isi pancasila sila ke tiga, Persatuan Indonesia. Menjaga persatuan dan kesatuan salah satunya dengan menjaga keberagaman kita, meskipun kita berbeda-beda tetapi kita tetap satu,” kata Mustofa saat ditemui awak media di Batam, Jum’at (1/05).

Melalui peringatan ini, pria yang pernah dua kali mendapat penghargaan Satya Lencana Karya Satya pada tahun 1997 dan 2004 ini juga mengajak seluruh warga Kepri untuk senantiasa merawat serta menjaga ideologi bangsa, yaitu Pancasila. Menurut dia, Pancasila sudah menjadi bagian hidup bagi seluruh warga negara Indonesia.

“Jika semua masyarakat bisa menerapkan makna Pancasila dalam kehidupan sehari-hari tentu itu akan memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia. Kita harus selalu untuk berkomitmen dengan Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 45 dan NKRI,” jelasnya.

Lebih lanjut, Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat ini pun menjelaskan, Pancasila sebagai dasar NKRI dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara, bukan hal yang harus dibicarakan dan dibahas lagi. Sebab, menurutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila itu sudah keputusan final dan tidak lagi dapat diganggu lagi.

“Kita semua rakyat Indonesia telah memperingati hari lahirnya Pancasila, kita semua di sini harus mampu membuktikan bahwa Pancasila bukan hanya sekedar dihafalkan, bukan ucapan dari mulut saja, lebih dari itu Pancasila juga wajib diamalkan dalam kehidupan nyata,” pungkasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close