Pilkada

Sambut Ramadhan, Relawan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah Gelar Aksi Bersih-Bersih Masjid

MEDAN – Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, belasan orang relawan Cagub-Cawagub Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas), menggelar gerakan bersih-bersih masjid. Kegiatan yang dilaksanakan di beberapa beberapa kawasan Kota Medan tersebut, turut dibantu oleh masyarakat sekitar.

Salahsatu masjid yang menjadi sasaran adalah Masjid Al Barokah, Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Marelan, Medan.

Menurut salah satu dari Relawan Eramas Alam, mengatakan masjid adalah pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisasi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari. Ia juga mengatakan kegiatan ini dilakukan, karena nantinya masjid akan digunakan untuk shalat tarawih berjamaah, tadarus dan ibadah lainnya selama sebulan penuh.

“Kegiatan akan semakin padat saat bulan Ramadan dan jumlah jamaah yang beribadah di masjid juga meningkat. Karena itu menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman,” ujar Alam.

Relawan yang mayoritas anak-anak muda itu, tampak antusias bergotong-royong mengepel lantai, menyikat kamar mandi, mengelap jendela dan membersihkan mimbar. Tak hanya itu, berbagai sarana pendukung ibadah lainnya, seperti sound system pun turut dibenahi.

Salah satu Pembina Remaja Masjid Al Barokah Satria Pinem, mengucapkan syukur dan terimakasih atas kehadiran masyarakat dan Relawan Eramas yang hadir untuk membersihkan masjid.

“Dengan kehadiran mereka (relawan dan masyarakat), membersihkan masjid menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Bulan Ramadan ini harus kita sambut dengan sukacita dan kebersihan masjid,” ujar Satria, Kamis (10/5/2018).

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jamaah yang akan melaksanakan ibadah Ramadan, agar lebih khusyuk dan nyaman berada di masjid.

“Karpetnya dibersihkan. Kamar mandi dan lainnya. Semua ini kami lakukan untuk memberi kenyamanan kepada para jemaah agar mereka bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” katanya.

Di tempat berbeda, pengurus Masjid Al Hikmah M. Fahmi Salim, turut mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat dan relawan.

“Masjid jadi lebih bersih dan nyaman saat beribadah. Insyaallah apa yang dilakukan hari ini dibalas oleh Allah,” ucapnya.

Adapun sejumlah Masjid dan Musa oalah yang menjadi sasaran adalah, Masjid Amalyatul Huda, Jalan Nusa Indah, Masjid Al Ishlah Jalan Kapten Muslim, Masjid Al-Ridha Jalan Aluminium, serta beberapa masjid dan mushola di seputar Kota Medan.

Tags

Artikel Terkait

Close
Close