Sandiaga Uno jadi Rebutan PAN dan PKB

  • Whatsapp
Sandiaga Uno

INDOPOLITIKA – Sosok mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus Cawapres 02 Pilpres 2019, Sandiaga Uno, sedang menjadi rebutan partai politik pasca dirinya mengundurkan diri sebagai kader Partai Gerindra. Setelah PAN yang berminat dengan pengusaha muda itu, kini PKB tampaknya juga naksir dengan pria yang hobi bermain basket tersebut.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengakui pihaknya bakal membuka pintu lebar untuk Sandiaga Uno. Apalagi, saat ini pengusaha nasional tersebut tidak berstatus sebagai kader partai manapun. “Senang sekali kami kalau Pak Sandiaga merapat ke PKB,” kata Cak Imin di Nusa Dua, Bali, kemarin.

Baca Juga:

Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen DPP PKB Ahmad Iman. “Ya, kami welcome saja kalau Pak Sandi mau bergabung,” ujar Ahmad Iman, isai Muktamar PKB di Bali, Rabu (21/8).

Iman mengakui, Sandi merupakan sosok potensial. Kiprahnya di dunia bisnis sudah tidak diragukan lagi. Sisi positif yang lain adalah, keminatan Sandi kepada politik dan pemerintahan. “Sandi bagus. Sudah teruji sebagai pengusaha dan politisi muda yang sukses,” kata Iman.

Meski demikian, hingga kini belum ada komunikasi antara Sandi dengan petinggi PKB. Pada Pilpres 2019, Sandi maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Sebelumnya Sandi tercatat sebagai kader Partai Gerindra.

Namun, inisiator OK OCE dan Rumah Siap Kerja (RSK) itu memutuskan keluar dari Partai Gerindra menjelang pandaftaran sebagai cawapres. Setelah kontestasi pilpres usai digelar, Sandi belum masuk kembali ke partai politik. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu belum memutuskan kembali masuk Gerindra atau bergabung ke partai lain.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga Uno hingga kini belum memutuskan akan bergabung ke parpol mana. Ia mengakui bahwa dirinya belum mendapat tawaran dari partai mana pun. “Belum ada (rencana gabung parpol), belum ada tawaran ke saya. Masih free agent,” kata Sandiaga saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (25/7) lalu.

Dengan begitu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut menegaskan bahwa dirinya saat ini tidak terikat dengan partai mana pun. Terkait rencana lima tahun ke depan, ia akan fokus untuk membantu masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan Rumah Siap Kerja miliknya.

Seperti diketahui selama ini, Sandiaga memang gencar untuk mendorong agar tercipta lapangan kerja di Indonesia. Selain Rumah Siap Kerja, ia juga memiliki program OK OCE andalannya.

“Untuk mendorong semangat kewirausahaan seperti hari ini dan juga menjawab masalah yang dihadapi oleh kalangan muda, yaitu lapangan kerja. Rumah Siap Kerja hadir di sini dan OK OCE juga akan menjadi wujud bahwa ini sebuah inovasi daripada sistem perpolitikan kita,” tutur Sandiaga.

Sandiaga kemudian berbicara mengenai kontestan politik yang kerap lupa dengan janji-janji kampanyenya ketika sudah terpilih. Ia mengatakan bahwa dirinya tak ingin menjadi salah satu dari mereka. Untuk itu, ia akan terus fokus untuk memberikan solusi terkait keterbatasan lapangan kerja khususnya bagi kaum muda.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PAN (Partai Amanat Nasional) Eddy Soeparno mengatakan sudah menyiapkan Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN untuk calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno.

Eddy mengatakan KTA PAN untuk Sandiaga sudah dibuat dan tinggal menunggu persetujuan yang bersangkutan.”Sandi sudah menjadi bagian dari keluarga besar PAN secara batiniyah,” pungkas Eddy.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *