Satu RS Swasta di Tabanan Bali Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi covid-19

INDOPOLITIKA,COM – Sebuah rumah sakit di Kabupaten Tabanan, Bali, ditetapkan menjadi kluster penyebaran COVID-19. Sedikitnya ada 10 orang yang terinfeksi, terdiri dokter, perawat, pasien dan keluarga pasien.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan (GTPP) Penanganan Covid-19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran, sumber infeksi maupun penularannya masih terkait satu sama lain dan penyebarannya terjadi di satu tempat yakni salah satu RS swasta di Tabanan.

Berita Lainnya

“Benar. Di sebuah rumah sakit swasta,” kata Juru Bicara Satgas Covid- 19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, Minggu (21/6/2020).

Dia menjelaskan, dari 10 orang yang dinyatakan positif terinfeksi, lima di antaranya merupakan dokter dan perawat. Lima orang lagi adalah pasien dan keluarganya yang sempat menjenguk.

Putu Dian menjelaskan, penyebaran Covid-19 di RS Swasta tersebut bermula dari adanya seorang pasien yang hasil rapid tesnya reaktif dan setelah menjalani tes swab hasilnya positif Covid-19. Tapi sebelum hasil tes swab keluar, pasien ini sempat dijenguk oleh sejumlah saudara dan rekannya. Parahnya, dokter yang merawat pasien itu pun tertular Covid-19, dan selanjutnya menularkan virus tersebut kepada pasien lain dan tenaga kesehatan di RS swasta tersebut.

Pihaknya juga telah melakukan penelusuran kontak dari pasien-pasien positif tersebut. Hasilnya, ada 170 orang yang kini sudah melakukan karantina mandiri. Bahkan akan segera dilakukan tes swab di RS swasta tersebut.

“Sasarannya adalah orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien,” imbuhnya.

Sedangkan kesepuluh orang yang telah terkonfirmasi posiitif kini dirawat di RS Universitas Udayana di Denpasar dan rumah sakit di Tabanan. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *