Internasional

Scott Morrison Terpilih sebagai Perdana Menteri Australia

Perdana Menteri Australia yang baru, Scott Morrison. (Foto: AFP)

Canberra: Menteri Keuangan Australia Scott Morrison akhirnya terpilih sebagai Perdana Menteri Australia yang baru. Ia akan menjadi perdana menteri sekaligus Ketua Partai Liberal menggantikan Malcolm Turnbull.

Morrison menang atas mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton dengan perolehan suara 45-40. Sementara, Menteri Luar Negeri Julie Bishop gagal memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara awal. 

Dilansir dari ABC, Jumat 24 Agustus 2018, sebelumnya ia sempat mengatakan tak akan berambisi mengalahkan Turnbull meski ia juga berminat menjadi orang nomor satu di Negeri Kanguru tersebut.

Sepak terjangnya pun tak sekeras Dutton, yang sempat menelepon dan menantang Turnbull bahwa ia akan menjadi perdana menteri berikutnya.

"Tumbuh di keluarga Kristen, membuat saya berkomitmen pada Iman sejak usia dini. Dari iman yang terbentuk ini, bisa membuat saya mendapatkan posisi perdana menteri sekarang. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung," ujar Morrison dalam pidato pertamanya.

Ayah dua anak ini juga berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan warga Australia serta hak-hak yang adil bagi semua orang, tak tergantung apa ras dan agamanya.

Dibesarkan di pinggiran Sydney, ayah Morrison adalah seorang perwira polisi yang kemudian menjadi Wali Kota Waverley dan masuk Parlemen.

Sebelum menjadi menteri keuangan, Morrison pernah bekerja di industri properti dan pariwisata. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Partai Liberal di New South Wales. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close