Sebuah Kehormatan, Mandalika Gelar Dua Kali Balapan MotoGP di 2021

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gelaran MotoGP akan mampir ke Indonesia pada 2021. Selain menjadi tuan rumah seri balapan, Sirkuit Mandalika di Lombok juga akan menjadi venue balapan pramusim atau preseason race.

Balapan pramusim ini adalah ajang uji motor bagi para pebalap. Biasanya, pramusim sudah dimulai sejak November dan berakhir pada Februari. Pada agenda uji coba ini, Sirkuit Sepang di Malaysia biasanya jadi salah satu tuan rumah.

Baca Juga:

Pada 2019, Sepang menjadi tuan rumah bersama Valencia, Jerez, dan Losail. Tahun depan, Sepang dan Losail pun kemungkinan besar bakal menjadi tuan rumah lagi. Nah, pada 2021, Sirkuit Mandalika mendapat kehormatan ini.

Kabar tersebut dikemukakan oleh Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, dalam pertemuan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa. Selasa, (05/11/2019)

“Satu kehormatan lagi adalah kita ditunjuk menjadi [tuan rumah] preseason race. Selama ini ‘kan selalu di Sepang (Malaysia). Bayangkan, belum selesai dibangun, kita sudah dipercaya karena mereka melihat progresnya,” kata Abdulbar di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta Selatan.

Progres pembangunan sirkuit di Mandalika sendiri, untungnya, berjalan sesuai target. Memang, Menpora sempat menyatakan bahwa lokasi MotoGP Indonesia 2021 akan dipindah jika Mandalika tidak siap.

Namun, setelah pertemuan dengan ITDC dan IMI, Menpora yakin bahwa Mandalika akan selesai tepat waktu.

Preseason race di Mandalika sendiri bakal berlangsung di awal 2021. Abdulbar pribadi belum bisa memastikan kapan, baik preseason race maupun balapan sesungguhnya, karena kalender MotoGP 2021 baru akan keluar pada Agustus 2020.

“Mereka mungkin akan tes di Maret 2021, sebelum balapan sesungguhnya. Saya belum bisa memastikan jadwal balapan karena itu baru keluar di Agustus 2020. Namun, yang jelas, preseason race itu bakal di Mandalika pada awal 2021,” pungkas Abdulbar. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *