Internasional

Sejumlah Negara Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

Suasa di Lombok usai gempa berkekuatan 7,0 SR. (Foto: AFP).

Jakarta: Beberapa negara sahabat menawarkan bantuan untuk para korban gempa Lombok. Sejumlah negara, diantaranya Singapura, Malaysia dan Asutralia telah menyatakan kesiapan mereka.

"Penawaran bantuan sudah ada. Australia di BRMC juga menyampaikan siap memberikan bantuan. Umumnya mereka siap membantu jika kita membutuhkan," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada Medcom.id, Selasa 7 Agustus 2018.

Arrmanatha menuturkan, biasanya negara-negara tetangga yang menawarkan bantuan pertama kali. Namun, jenis bantuan ditentukan oleh pihak yang ingin dibantu, dalam hal ini Indonesia.

"Saat ini kita sedang melakukan assessment bantuan apa yang dibutuhkan dan apakah kita perlu bantuan internasional dalam menangani situasi di Lombok," ungkapnya.

Dalam surat yang disampaikan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Halimah Yacob kepada Presiden RI Joko Widodo, terdapat penawaran bantuan kepada Indonesia. Pemerintah Singapura akan memberikan sumbangan sebesar USD100.000 atau sekitar Rp1,4 miliar untuk para korban gempa Lombok. 

Sumbangan tersebut merupakan tahapan awal dari kegiatan penggalangan dana oleh Palang Merah Singapura.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah juga menghubungi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terkait bencana gempa yang menimpa Lombok. Dia mengatakan bantuan-bantuan dari Malaysia telah siap sejak kejadian gempa yang pertama.

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mencatat 91 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close