Sejumlah Parpol Terang-terangan Kepincut Usung Ganjar di Pilpres 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Di tengah isu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan dicampakkan oleh PDIP, justru pesonanya bikin partai-partai lain kepincut untuk mengusungnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Dengan demikian peluang Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 sangat terbuka lebar. Walau pada akhirnya benar-benar ditendang PDIP, Ganjar tak perlu panik karena sudah banyak partai yang mengantri untuk menjadikannya sebagai calon presiden.

Berita Lainnya

PKS

Partai pertama yang terang-terangan terpikat dengan Ganjar adalah PKS. Partai yang berada di luar pemerintahan ini, membuka peluang untuk mengusung Ganjar di Pilpres 2024.

Ketua Departemen Politik DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi mengatakan, partainya sangat terbuka dengan tokoh luar parpol untuk dijagokan sebagai capres. Ganjar, jadi salah satu nama yang lagi dibidik PKS untuk didekati.

“Beberapa nama figur eksternal memang muncul. Selain Anies Baswedan, juga Ganjar dan AHY,” kata Nabil dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Nabil menjelaskan, ada tiga pertimbangan mengapa PKS ingin mengusung capres nonkader. Pertama, koalisi partai pengusung memenuhi ambang batas pencalonan presiden. Kedua, tingkat keterpilihan capres-cawapres. Selain itu, PKS mensyaratkan kesepakatan antarpartai pengusung calon.

“Kami masih membuka pintu untuk dialog dengan tokoh mana pun. PKS belum menutup pintu bagi tokoh yang ingin didukung di Pilpres 2024,” ujarnya.

NasDem

Selain PKS, Partai NasDem juga terang-terangan kepincut dengan Gubernur Jateng 2 periode itu. Partai yang lagi dekat dengan Anies Baswedan ini tanpa ragu-ragu menawarkan Ganjar untuk ikut konvensi capres di partainya.

“Apabila Ganjar berniat untuk ikut konvensi capres, tentu NasDem terbuka,” kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya.

Willy mengakui, selama ini Ganjar memiliki modal elektabilitas cukup tinggi dan menjanjikan untuk diusung sebagai capres. Menurutnya, NasDem juga akan melihat kapasitas dan kapabilitas kandidat.

“Ini kan urusan menjadi presiden, maka kemudian kita juga jangan melupakan integritas dan kapabilitas secara paket utuh,” imbuhnya.

Namun begitu, Willy menegaskan saat ini Partai NasDem tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk memastikan tiket. Jangan sampai, konvensi yang dilakukan tanpa koalisi partai politik. “Kami tidak ingin menjual kucing dalam karung dan hanya pepesan kosong,” katanya.

Demokrat

Demokrat memang tidak secara terbuka tertarik ingin meminang Ganjar. Tetapi Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengakui, hubungan Ganjar dengan partainya terjalin bagus.

Bahkan, dalam pencalonan Ganjar di periode kedua, Partai Demokrat menjadi salah satu partai pengusung.

“Soal Pak Ganjar, ketum dan partai memiliki hubungan silaturahmi yang sangat baik,” katanya. [fed]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *