Sekda Tinjau Kapal Interceptor Sampah Neon Moon II di Sungai Cisadane Teluknaga

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Muhammad Moch Maesyal Rasyid meninjau kapal Neon Moon II di Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Senin (27/11/2023).

Kapal interceptor pembersih sampah di Sungai Cisadane tersebut merupakan bantuan The Ocean Cleanup dan Coldplay. Sekda Moch Maesyal Rasyid didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, Kepala Bapeda Ujang Sudarsono, Camat Teluknaga Zamzam Manohara, dan tim The Ocean Cleanup Belanda.

Pada kesempatan tersebut, Sekda mengungkapkan, penanganan sampah khususnya sampah di Sungai Cisadane bukan hanya tanggung jawab Kabupaten Tangerang melainkan semua pihak punya peran sama. Ini merupakan tanggung jawab bersama bagi semua wilayah yang dilintasi Sungai Cisadane seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor yang hilirnya di Utara Kabupaten Tangerang.

“Upaya penangan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini untuk upaya penanganan sampah terlebih sampai plastik di sungai menjadi lebih baik lagi,” ujar Sekda Maesyal Rasyid.

Ia melanjutkan Kapal Neon Moon II, pembersih sampah Sungai Cisadane nantinya saat dioperasikan dapat menampung kurang lebih 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane yang selanjutnya dibawa ke penampungan sampah dan diolah kembali.

“Kapal Neon Moon ini, saat dioperasikan dapat menampung 6 ton sampah plastik dari Sungai Cisadane dan selanjutnya dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali,” ungkapnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Coldplay dan Ocean Cleanup Amsterdam Belanda atas bantuan kapal pembersih sampah untuk Pemkab Tangerang yang saat ini sudah berlabuh di Tanjung Burung Kabupaten Tangerang.

“Terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang terbawa aliran aliran Sungai Cisadane dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama nantinya,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi mengatakan saat ini sedang memberikan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II dan diharapkan nantinya akhir Januari 2024 bisa dioperasikan secara penuh.

“Saat ini kita sudah menyiapkan 12 orang tenaga pekerja untuk ditraining pengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh,” jelas Fachrul Rozi.

Dia menambahkan setelah beroperasi nanti kapal sampah tersebut akan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, selanjutnya sampah yang didapat akan dibawa ke TPS dipilah dan akan dimanfaatkan sebagai pupuk dan didaur ulang menjadi produk-produk yang dapat dipake kembali oleh masyarakat.(Red)

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *