Internasional

Sekelompok Warga Brasil Serang Pengungsi Venezuela

Pengungsi Venezuela menanti di perbatasan Venezuela-Brasil, 28 Februari 2018. (Foto: Mauro Pimentel / AFP)

Pacaraima: Sekelompok warga di kota perbatasan Pacaraima di Brasil menyerang sejumlah pengungsi Venezuela pada Sabtu 18 Agustus 2018. 

Menurut otoritas setempat, seperti dilansir dari Fox News, penyerangan terjadi usai seorang pemilik toko setempat dirampok, ditikam, dan dipukuli. Empat pengungsi dituduh sebagai pelaku perampokan tersebut.

Pacaraima, kota di kawasan berhutan utara negara bagian Roraima, berada dekat perbatasan Venezuela. Krisis ekonomi dan politik di Venezuela sejak dua tahun terakhir telah mendorong puluhan ribu warga menyeberang ke Brasil dan negara lainnya seperti Kolombia dan Ekuador.

Setelah memprotes perampokan terhadap pemilik toko, sekelompok warga menelusuri kota dan melemparkan batu ke arah para pengungsi. Mereka juga membakar sejumlah barang-barang pengungsi.

Kepolisian Brasil menyebut bahwa pemilik toko, yang dipukuli dan dirampok pada Jumat malam, telah dirawat di rumah sakit dan berada dalam kondisi stabil.

Pemerintah negara bagian Roraima memperkirakan bahwa lebih dari 50.000 pengungsi Venezuela sudah menyeberangi perbatasan. 

Mereka menempati tempat penampungan yang sudah ada sebelumnya atau tidur di tenda-tenda darurat. Jumlah pengungsi yang masuk sudah hampir setara dengan 10 persen dari total populasi Roraima yang berpenduduk 520.000 jiwa.

Aparat keamanan menyebut demi menghindari kekerasan, ratusan pengungsi balik badan dan menyeberang kembali ke Venezuela.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close