Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono Masuk 100 Tokoh Inspiratif

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Ma'ruf Cahyono terpilih menjadi salah satu tokoh inspiratif Jawa Tengah, setelah masuk dalam buku berjudul “100 Tokoh Inspiratif Jawa Tengah.”

Bambang Sadono penulis buku tersebut mengungkapkan, buku 100 Tokoh Inspiratif Jawa Tengah mencoba menggali sisi sisi keuletan dan kegigihan para tokoh dalam berkarya atau berkarir di berbagai bidang.

Berita Lainnya

“Masyarakat membutuhkan sosok teladan. Persoalannya siapa yang harus memberikan teladan dan siapa yang sadar memberikan teladan,” papar Bambang dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip ANTARA, Sabtu (7/3/2020).

Indonesia, kata Bambang, memiliki tokoh hebat dan bisa menjadi inspirasi seperti Soekarno, Mohammad Hatta dan Soeharto. Mereka memiliki karakter di atas rata-rata karena lingkungan membentuk mereka untuk menjadi orang hebat.

Dalam buku tersebut, Bambang menulis, Ma’ruf Cahyono sebagai pejabat pemikir. Sebelum menjabat sebagai Sekjem MPR, Ma’ruf menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan sebagai Kepala Pusat Pengkajian MPR.

“Ma’ruf telah banyak menerima penghargaan. Salah satunya Satyalancana Wira Karya dari Presiden tahun 2017. Ia dinilai telah berkontribusi mendukung kinerja MPR,” papar Bambang.

Salah satunya, lanjut Bambang adalah gagasan pembentukan Lembaga Pengkajian MPR sebagai laboratorium konstitusi yang memberikan masukan terkait penerapan sistem ketatanegaraan.

Saat peluncuran buku 10Tokoh Inspiratif Jawa Tengah Ma’ruf mengatakan, buku tersebut bisa menjadi inspirasi bagi siapapun. Buku ini memiliki nilai strategis yaitu ikut merawat nilai-nilai Pancasila dan ke- Indonesia-an.

“Dari buku ini orang bisa melihat testimoni sukses dari orang-orang yang memiliki prinsip hidup,” ungkapnya.

Menurut data, pada 2019 Setjen MPR meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari menteri keuangan selama lima tahin berturut turut (2014-2018). Setjen MPR juga meraih penghargaan BMN Award, yakni pengelolaan barang milik negara.

Selain itu, Setjen MPR juga mendapat apresiasi dari BPKP karena telah mencapai maturitas level 3 dalam sistem pengendalian internal pemerintah (SPIP) pada Februari 2020. (rma).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *