Sekjen NasDem Sebut Ahok Punya Kemampuan Memadai untuk Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai NasDem, Saan Mustopa menilai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kini menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina sangat layak menjadi Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tidak hanya Ahok, Saan mengatakan tiga nama lainnya yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kandidat Kepala Otorita IKN mempunyai kemampuan memadai untuk memegang jabatan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Menurut saya sih nama-nama itu, kayak Pak Bambang Brodjonegoro itu karena mereka pernah menjadi kepala Bappenas, sudah lama di kabinet, menurut saya juga sangat memadai,” kata Saan kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

“Ada Pak Ahok yang punya pengalaman di DKI, ada Pak Azwar Anas pernah bupati dua periode di Banyuwangi, dan juga kita lihat hasil di Banyuwangi baik. Menurut saya nama-nama itu kalau presiden tetapkan punya kemampuan memadai untuk menjadi kepala otorita,” sambungnya.

Sekretaris Fraksi Partai NasDem itu menjelaskan penunjukan Kepala Otorita IKN Nusantara merupakan kewenangan Presiden Jokowi. Dia meyakini presiden akan menentukan, dan mencari yang terbaik calon kepala otorita.

Namun, ia juga memberi masukan bahwa calon kepala otorita nanti harus merupakan orang yang memiliki latar belakang teknokrasi. Selain itu, juga harus memiliki kemampuan menyelenggarakan pemerintahan.

“Jadi, ini pekerjaannya luar biasa besar. Menurut saya, perlu orang yang mumpuni untuk menjadi kepala otorita,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi pernah menyebut 4 nama yang bakal menjadi calon kandidat Kepala Otorita IKN.

“Kandidatnya ada banyak. Satu Pak Bambang Brodjonegoro, dua Pak Ahok, tiga Pak Tumiyono, empat Pak Azwar Anas,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020) lalu.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menjelaskan, wilayah ibu kota negara akan berstatus sebagai pemerintah daerah khusus IKN yang dipimpin kepala otorita.

Adapun, kepala otorita adalah jabatan setingkat menteri yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh Presiden, ya bisa ditanya ke Presiden, ada di kantongnya beliau. Saya tidak tahu, tapi tentu pasti pilihannya pilihan orang yang tepat untuk itu,” ujar Suharso di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/1).[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.