Internasional

Sekjen Partai Komunis Dicalonkan jadi Presiden Vietnam

Sekjen Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong. (Foto: AFP)

Hanoi: Partai Komunis Vietnam mencalonkan Sekretaris Jenderal Nguyen Phu Trong menjadi presiden, usai ditinggal Tran Dai Quang. Tran meninggal pada 21 September 2018  karena sakit.

"Panitia pusat sepakat dengan suara bulat mengusulkan Majelis Bangsa menerima pencalonan Nguyen Phu Trong," sebut pernyataan resmi pemerintah, dikutip dari AFP, Kamis 4 Oktober 2018.

Keputusan ini akan dimasukkan ke Majelis Bangsa Vietnam dan sidangnya akan dilaksanakan pada akhir Oktober ini. Diketahui pula hanya Trong yang dicalonkan untuk menggantikan Quang. 

Baca: Presiden Vietnam Tran Dai Quang Wafat

Jika disetujui, Trong akan menjadi pemimpin pertama Vietnam yang memegang dua jabatan, presiden dan sekretaris jenderal. 

Pria berusia 74 tahun ini adalah sosok yang menentang korupsi. Ia pernah menjebloskan pelaksana negara dan anggota politbiro ke penjara dengan tuduhan salah urus dan penggelapan keuangan.

Trong sendiri pernah mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo pada Agustus 2017. Saat itu, ia mempromosikan hubungan Indonesia dan Vietnam yang diharapnya bisa meningkat terutama di bidang perdagangan dan investasi. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close