Sekjen PBB akan Diskusikan Korut Bersama PM Jepang

  • Whatsapp
Sekjen PBB Antonio Guterres (kiri) berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo, 14 Desember 2017. (Foto: AFP/TORU HANAI)

New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres akan mendiskusikan krisis Korea Utara bersama Perdana Menteri Shinzo Abe saat berkunjung ke Jepang pekan depan.

Guterres akan berada di Tokyo untuk berbicara dengan PM Abe pada 8 Agustus. Dari Tokyo, Guterres akan bertolak menuju Nagasaki untuk menghadiri upacara perdamaian tahunan Negeri Sakura.

Baca Juga:

Pertemuan direncanakan di tengah laporan bahwa PM Abe berusaha untuk bertemu pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Terdapat laporan keduanya mungkin bisa bertemu di kota Vladivostok, Rusia, pada September mendatang.

Juru bicara PBB Eri Kaneko mengatakan kepada awak media bahwa "sejumlah topik seperti Korut Utara akan muncul" selama perbincangan antara Guterres dengan PM Abe.

Selain soal Korut, Kaneko menyebut Guterres juga akan mendiskusikan masalah perlucutan senjata nuklir kepada korban bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Tahun lalu Guterres mengirim seorang utusan, mantan kepala urusan politik Jeffrey Feltman, ke Pyongyang. Feltman diminta membujuk Kim Jong-un agar mau berbicara dengan Amerika Serikat.

Kunjungan tersebut dipandang sebagai langkah kunci dalam membuka pintu Korut menuju diakhirinya ketegangan akibat nuklir.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *