Selamat, Budi Karya Sumadi Terima Gelar Doktor HC dari UGM

INDOPOLITIKA.COM -Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Senin (23/5/2022), menerima penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) di bidang transportasi, dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Gelar tersebut diberikan atas jasa/kontribusi dan prestasi yang dinilai luar biasa dalam pelaksanaan pembangunan transportasi nasional di seluruh Indonesia, sehingga menjadi bagian dalam memajukan sistem transportasi dan perekonomian bangsa. Melalui gagasan bahwa peran transportasi yaitu merajut nusantara, yang bermakna menjalin pulau-pulau di wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan dengan transportasi sebagai alat penghubungnya.

Bacaan Lainnya

Sejumlah pihak menyampaikan ucapan selamat atas penganugerahan yang diterima oleh Menhub, diantaranya yaitu dari Rektor UGM Panut Mulyono dan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia Agus Taufik Mulyono (Prof. ATM).

“Melalui gagasan tersebut, beliau secara aktif dan konsisten mengimplementasikan perubahan paradigma pembangunan tidak hanya Jawa Sentris tetapi Indonesia Sentris. Bahwa pembangunan dilakukan tidak hanya di kota-kota besar pusat bisnis dan pemerintahan, tetapi juga menyentuh seluruh lapisan masyarakat di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan, sehingga pembangunan lebih merata di seluruh wilayah,” ucap Rektor UGM Panut Mulyono.

Rektor Panut Mulyono mengucapkan selamat kepada Menhub, dan berharap akan semakin meningkatkan semangat pengabdian untuk terus memajukan transportasi Indonesia dan sekaligus menjadi inspirasi bagi generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan.

Sementara itu, Prof ATM mengungkapkan gelar Doktor Kehormatan di bidang transportasi merupakan yang pertama kalinya diberikan oleh UGM. Ia menyebut, Menteri Budi meraih gelar tersebut karena telah menggunakan pendekatan yang humanis, yang mengedepankan nilai kemanusiaan dalam mengelola sektor transportasi di Indonesia. “Saya sebagai Ketua MTI sangat mendukung konsep humanis tersebut. Kita ingin transportasi yang sehat, bahagia, damai, sejahtera dan tentunya berkeselamatan,” ujarnya.

Atas penganugerahan tersebut, Menteri Budi menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran UGM dan jajaran Kemenhub dan pemangku kepentingan terkait, yang selama ini telah mendukung dan membantu dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Menhub. “Anugerah ini saya dedikasikan kepada mendiang orang tua saya, istri dan putri saya, juga kepada masyarakat,” tutur Menhub.[dbm]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.