Internasional

Selandia Baru Kirim Pesawat Bantuan untuk Sulteng

Menlu Selandia Baru Winston Peters saat diterima Menlu RI Retno Marsudi, hari ini. (Foto: Marcheilla/medcom)

Jakarta: Wakil Perdana Menteri yang merangkap Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters menyampaikan belasungkawa atas bencana alam yang melanda Indonesia. Dia menuturkan negaranya selalu bersama dengan Indonesia.

"Kami menyampaikan duka cita mendalam kepada masyarakat di Sulawesi Tengah dan Pemerintah Indonesia. Kami tahu ini adalah tragedi serius dan kami mengerti saat ini waktu yang berat untuk Pemerintah Indonesia," ucapnya di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 5 Oktober 2018.

Selandia Baru mengirimkan sebuah pesawat C-130 sebagai bantuan untuk korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. Pesawat tersebut saat ini telah berada di Balikpapan.

Baca: Selandia Baru Sediakan Rp24 Miliar untuk Sulteng

"Indonesia menyampaikan apresiasi atas ucapan dukacita dan simpati dari Pemerintah Selandia Baru untuk para korban dan keluarga di Sulawesi Tengah," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Sebuah pesawat C-130 tiba di Balikpapan tadi malam membawa genset, water kontainer dan lainnya. Hari ini pesawat tersebut akan berangkat ke Palu," imbuh Retno.

Pemerintah Selandia Baru telah menyiapkan dana lebih dari Rp16 miliar untuk membantu para korban pasca gempa. Mengutip laporan media di Selandia Baru, pemerintah Selandia Baru akan memberikan lebih dari Rp 15 miliar kepada Palang Merah untuk keperluan sanitasi, kebutuhan mendasar, dan perlengkapan mandi serta kebersihan.

Sementara itu, lebih dari Rp 1 miliar lainnya akan diberikan kepada kantor kedutaan Selandia Baru di Jakarta untuk keperluan mendesak lainnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close