Internasional

Selandia Baru Tegaskan Papua Barat Bagian dari Indonesia

Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters (Foto: Daily Post).

Wellington: Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters mengatakan negaranya mengakui Papua Barat sebagai bagian dari Indonesia.
 
Penegasan Peters ini disampaikannya ketika mengunjungi Port Vila, Vanuatu pada Selasa 28 Agustus 2018. Selama ini Vanuatu kerap mengutarakan dukungan kepada Papua Barat.
 
"Jika Anda memeriksa kondisi ekonomi dan sosial Papua Barat per kapita dibandingkan dengan Papua Nugini (PNG), bahkan PNG akan mengakui bahwa kinerja mereka (Papua Barat) lebih tinggi daripada PNG," ujar Menlu Peter.
 
"PNG adalah tetangga Papua Barat," jelasnya, seperti dikutip dari Daily Post, Jumat 31 Agustus 2018..
 
"Dan saya pikir sebagai konsep Polinesia, atau Melanesia atau Pasifik, orang pertama yang saya akan konsultasi tentang masalah seperti itu adalah tetangga terdekat, yaitu PNG," ungkap Peters.
 
"Jadi yang ingin saya katakan adalah jangan meremehkan kesungguhan emosional perasaan orang Vanuatu terhadap masalah ini. Tetapi di saat sama, jangan mengabaikan betapa dalamnya masalah ini bagi tetangga terdekat, Papua Nugini,” imbuhnya.
 
Dia melanjutkan bahwa Pemerintah Indonesia harus bekerja dengan program-programnya demi meningkatkan kehidupan rakyatnya.
 
"Tapi apa yang tidak kita inginkan, adalah PNG,-yang segera menjadi tuan rumah APEC,- yang gelisah dikutuk oleh kerabatnya sendiri, yaitu sesama negara Melanesia. Kami berasal dari bagian paling selatan Polinesia, Selandia Baru, tetapi kami melihatnya seperti itu," tuturnya.
 
"Tugas kami adalah berusaha memfasilitasi kenyamanan jangka panjang dengan masalah ini di mana, orang-orang Papua Barat kondisi mereka membaik saat sekarang," tegas Peters.
 
Peters mengatakan Selandia Baru sangat mengkhawatirkan isu ini. Vanuatu adalah satu-satunya negara yang mendesak sesama orang Melanesia memperoleh kebebasan politik dan pendiriannya telah didukung baru-baru ini oleh negara-negara lain di Pasifik.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close