Internasional

Selandia Baru Tuduh Australia Meniru Bendera Mereka

Bendera Selandia Baru (kiri) dan Bendera Australia (kanan). (Foto: Shutterstock).

Wellington: Pelaksana Tugas Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters menuduh Australia meniru bendera negaranya. Mereka kemudian ingin negara tetangganya mengganti bendera mereka.

"Kami memiliki bendera yang sudah kami punya sejak lama, dan bendera kami ditiru Australia," ucap Peters, seperti dilansir dari laman CNN, Kamis, 26 Juli 2018.

"Mereka (Australia) harus benar-benar mengubah bendera mereka dan menghormati fakta bahwa kami yang pertama memakai bendera dengan desain ini," imbuh dia.

Bendera kedua negara ini memang mirip. Pasalnya, didasarkan pada panji-panji Inggris dengan latar belakang biru gelap, Bendera Serikat Persatuan Inggris di sudut kiri atas dan rasi Bintang Selatan.

Yang membedakan adalah bintang-bintang di Bendera Australia berwarna putih, dengan tambahan bintang tujuh poin yang melambangkan negara bagian Australia.

Sementara itu, Bendera Selandia Baru diadopsi pada 1902, lima dekade sebelum bendera Asutralia saat ini resmi diakui. Bendera Australia mendapat pengakuan pada 1954.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close