Selfie di Makam BJ Habibie Boleh Aja Tapi Dinilai Tak Etis

Kementerian Sosial Kini Siagakan Sekurity
  • Whatsapp
Sejumlah peziarah nampak berselfie di makan almarhum BJ Habibie.

INDOPOLITIKA.COM- Makam Presiden ke 3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, masih ramai dikunjungi para peziarah. Ironisnya, mereka tidak hanya berziarah, namun juga berselfie di lokasi makam. Aksi selfie para peziarah itu pun ramai dibagikan dan beredar di media social. Namun aksi mereka ini dicela karena dianggap tidak beradab.

Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani mengatakan sudah mendapat arahan dari Kemensos untuk mengimbau peziarah tidak selfie di makam BJ Habibie. Harapannya, warga memahami adab berziarah ke makam.

Baca Juga:

“Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau, dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silakan mengambil foto, silakan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja,” ujar Iswani.

Sementara Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita berharap peziarah yang datang turut memanjatkan doa untuk mendiang Habibie. Agus menambahkan, pihaknya tidak ingin mempersulit peziarah. “Kemarin aksi selfie memang ramai di medsos. Sejak itu kita tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga penziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk ber-selfie-selfie dengan nisan,” kata Agus.

“Itu kan kurang etis, kurang bagus dilihatnya. Itu aja yang kita imbau dari pimpinan juga mengimbau seperti itu. Silahkan mengambil foto, silahkan berdoa sebatas untuk yang sewajarnya saja,” kata Koordinator Sekuriti TMPNU Kalibata Iswani di lokasi.

Terkait polemik selfie di makam BJ Habibie, pihak keluarga sebelumnya tidak mempersoalkan. Putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie memaklumi jika ada peziarah yang selfie di pusara ayahnya.

“Kalau masalah itu, sebetulnya hak orang ya. Boleh mau selfie, ini mungkin banyak yang pengin foto sama Pak Habibie, dia pikir ya saya nggak dapat aslinya, seenggak-enggaknya kuburannya. Kebetulan kiri kanan ada bapak dan ibu. Saya juga nggak masalah,” ujar Thareq di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Sementara itu, pantauan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, para peziarah diminta untuk meninggalkan tanda pengenal yang dititipkan ke sekuriti yang berjaga di pintu masuk makam. Sebelum mempersilahkan masuk, sekuriti ini mengimbau kepada para peziarah untuk tidak berselfie di makam BJ Habibie.[asa]

 

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *