Selidiki Kasus Blackout PLN, Kok Polri Belum Libatkan Tim Siber Sih

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Sudah dua pekan tim investigasi gabungan bekerja hingga kini belum juga menemukan indikasi kuat adanya serangan siber dalam kasus blackout PLN yang terjadi di sebagian Pulau Jawa.

“Hasil sementara awal masih didalami. Masih melibatkan tim siber,” Ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetya di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

Baca Juga:

Dedi menjelaskan, tim siber tidak hanya memeriksa teknologi informasi di PLN Pusat tapi juga pembangkit listrik yang tersebar di beberapa wilayah yang terkena blackout massal.

“Direktorat Siber mengasesmen seluruh jaringan teknologi informasi yang digunakan untuk operasionalkan jaringan dan pembangkit listrik,” ucapnya.

Karena itu, sambung Dedi, tim siber yang dibantu oleh tim ahli akan terus mengkaji secara scientific guna meneliti penyebab terjadinya blackout.

Dia menegaskan tim akan secepatnya merampungkan permasalahan ini sampai komprehensif agar bisa diumumkan ke publik. “Saksi ahli Pak Rizal masih harus melakukan uji scientific terhadap beberapa lokasi untuk mendalami apa yang menjadi faktor-faktor penyebab terjadinya blackout,” Tegasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Kabareskrim Inspektur Jenderal Idham Azis sempat meminta jajaran Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengusut dugaan kejahatan siber saat peristiwa blackout.

“Teroris sudah mengarah ke siber, penipuan, narkoba bahkan mungkin blackout kemarin. Saya bilang ke beliau (Direktur Siber Bareskrim) dan jajaran, tolong diselidiki apakah ini hanya blackout biasa di Jakarta atau ada hubungannya dengan kejahatan siber,” kata Idham di Bareskrim Polri, Rabu (14/8/2019).

Dalam proses penyelidikannya, seperti yang sudah diberitakan Jumat (9/8), Polri menggandeng ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Institut Pertanian Bogor untuk mengungkap dugaan adanya serangan siber pada peristiwa blackout. Mereka dimintai bantuan untuk mendalami proses kelistrikan

Tim tersebut akan bekerja dua pekan dan dibagi dalam dua tahap. Pekan pertama, mencari tahu penyebab blackout. Pekan kedua mengaudit temuan secara komprehensif (9/8).[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *