Senatnya ‘Berkelahi’ Bahas Pemakzulan, Donald Trump Malah Terbang ke Swiss

  • Whatsapp
Presiden AS, Donald Trump. (Ist)

INDOPOLITIKA.COM- Senat AS memulai ‘berkelahi’ dalam proses pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Gedung Capitol, Capitol Hill, Washington DC, pada Selasa (21/01/2020) waktu setempat.

Demokrat menuding pemimpin senat mayoritas dari Republikan, Mitch McConnell berupaya ‘menutup-nutupi’ aturan tata-tertib proses pemakzulan Donald Trump.

Baca juga:

McConnel mengajukan aturan dasar yang akan membatasi secara ketat para saksi dan pemaparan bukti pada tahapan pertama, dan langsung lanjut ke proses selanjutnya secara kilat. Dia mengatakan akan menghalangi Demokrat untuk mengubah aturan ini.

“Struktur dasar yang kami ajukan sesungguhnya adil. Tak ada alasan kenapa voting untuk resolusi ini harus dikendalikan secara partisan,” kata McConnell seperti dikutip dari AP.

Pemakzulan Trump secara penuh harus dilakukan dengan sedikitnya dua pertiga suara dukungan di Senat yang didominasi Republik yang merupakan pendukung Trump.

Di Gedung Capitol Senat Republik dan Demokrat sedang ‘berperang’, Presiden AS Donald Trump malah terbang ke ski Davos, Swiss memenuhi undangan Forum Ekonomi Dunia.

Di ajang itu Trump dijadwalkan bertemu dengan Presiden Irak, Perdana Menteri Pakistan dan Kepala Badan Eksekutif Uni Eropa. Menurut jadwal Trump juga akan melakukan pertemuan pertamanya dengan presiden Komisi Eropa yang baru, Ursula von der Leyen.
Trump dijadwalkan kembali ke Gedung Putih pada hari Rabu (22/01/2020).

Selain berbicara soal perubahan iklim, dalam kunjungan tersebut Trump akan menyempatkan diri bertemu dengan para pebisnis.[sgh]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *