Internasional

Senator John McCain Meninggal Dunia

Mantan Capres AS John McCain (kiri) menderita kanker otak (Foto: CNN).

Jakarta: Senator Amerika Serikat John McCain meninggal dunia, Sabtu, 25 Agustus di usia 81 tahun. Ia meninggal setelah bertarung melawan kanker otak yang dideritanya.

"Senator John Sidney McCain III meninggal pukul 4.28 sore pada 25 Agustus 2018. Istri dan keluarganya mendampingi ketika John meninggal," tulis pernyataan resmi kantor John, seperti dikutip dari AFP, Minggu, 26 Agustus 2018. 

"Ketika meninggal, ia telah melayani Amerika Serikat dengan setia selama 60 tahun," lanjut pernyataan tersebut. 

Meninggalnya McCain turut membuat mantan Presiden Barrack Obama berduka. Dalam pernyataannya, Obama menyebut Amerika banyak berhutang atas jasa McCain. 

"Kami berbagi banyak perbedaan pendapat, kesetiaan kepada sesuatu yang lebih tinggi untuk cita-cita generasi Amerika dan imigran yang sama-sama berjuang dan berkorban," tutur Obama.

Duka cita juga disampaikan oleh mantan Wakil Presiden Al Gore. "Saya selalu mengaggumi dan menghormati John dari sisi berlawanan, karena ia berkembang di bawah tekanan, dan akan bekerja untuk menemukan titik temu, tidak peduli seberapa keras," 

Baca: McCain Hadapi Pertarungan Terbesar dalam Hidupnya

Presiden Donald Trump yang sempat mengolok-olok catatan perang McCain juga turut menyampaikan duka cita. Lewat akun pribadi Twitter-nya, Trump menyamapikan simpati kepada McCain dan keluarganya. 

"Simpati dan rasa hormat saya yang terdalam untuk keluarga Senator John McCain. Hati dan doa kami bersama Anda!" cuit Trump. 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close