Internasional

Senator John McCain Teman Baik Indonesia

Senator AS John McCain. (Foto: AFP/ROBYN BECK)

Jakarta: Kepergian Senator John McCain meninggalkan duka, tak terkecuali bagi Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Retno mengatakan McCain merupakan teman baik Indonesia.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya Senator John McCain. Dia negarawan yang hebat dan teman baik Indonesia," kata Menlu Retno dalam akun Twitter-nya, @Menlu_RI, Minggu 26 Agustus 2018.

Dia mengatakan McCain melayani negaranya dengan keberanian dan penuh kehormatan. "Selamat jalan, Senator," tutup Menlu Retno.

John Sidney McCain III meninggal dunia di usia 81 tahun pada 25 Agustus 2018, pukul 16.28 sore waktu setempat di kediamannya di Arizona. "Istri dan keluarganya mendampingi ketika John meninggal," tulis pernyataan resmi kantor John.

Politikus Partai Republik itu mengembuskan napas terakhir setelah bertarung melawan kanker otak yang dideritanya sejak tahun lalu.

McCain telah 60 tahun melayani AS. Kematiannya membuat banyak orang berduka, termasuk Presiden Donald Trump. Meski pun sempat mengolok-olok catatan perang McCain, Trump turut menyampaikan duka cita. 

Lewat akun pribadi Twitter-nya, Trump menyampaikan simpati kepada McCain dan keluarganya. 

"Simpati dan rasa hormat saya yang terdalam untuk keluarga Senator John McCain. Hati dan doa kami bersama Anda!" tulis Trump.

Baca: John McCain Tidak Mau Trump Datang ke Pemakamannya

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close