Sentil PT Telkom, Erick Thohir: Bukan Menjatuhkan

  • Whatsapp
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir Mengungkapkan alasannya menyentil PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Alasannya, agar perseroan tersebut dapat mengoptimalkan kinerjanya. Sehingga nantinya Telkom dapat memberikan dividen yang lebih besar.

“Kalau gaya saya ke BNI, Telkom bukan menjatuhkan tapi respons dengan hasil mereka. Ya itu yang kita tunggu. Kalo enggak mau ya dikasih Komisaris yang bagus dan galak,” ujar Erick di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/02/2020).

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, Erick menginginkan agar perseroan bisa memberi dividen lebih banyak kepada pemegang saham. Pasalnya, setoran dividen dari anak usaha telkom yang besar tapi tidak bisa ditransmisikan langsung kepada pemegang saham yaitu pemerintah, karena harus melewati Telkom.

“Telkom. Misal kalian pemegang saham Telkomsel yaitu anak usaha Telkom, anggap setoran dividen Rp 10 triliun. Sebagai pemegang saham dapat dividen Rp 10 triliun atau lebih rendah,” ungkap Erick.

“Karena Telkomsel merupakan anak usaha Telkom, maka dividen Telkomsel yang disetor tidak akan mencapai Rp 10 triliun. Dividen Rp 10 triliun tidak langsung ke pemilik saham tapi lewat Telkom. Oleh karena lewat Telkom dividen tidak Rp 10 triliun, jadi Rp 3 triliun,” sambung dia.

Oleh sebab itu, Erick Thohir menginginkan, ke depan agar Telkom mengubah dan mentransformasikan bisnisnya. Salah satunya, dengan melirik bisnis basis data, big data, hingga bisnis cloud. “Masa cloudnya dipegang Alicloud, dengan database besar dan data disebut the new oil, masa database kita dipegang negara lain,” imbuhnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *