Ini Sepak Terjang Calon Kapolri Komjen Idham Azis

  • Whatsapp
Komjen Idham Azis

INDOPOLITIKA.COM- Presiden Jokowi resmi mengajukan Kepala Badan Reserse Kriminal Umum (Kabareskrim) Mabes Polri, Komjen Idham Azis  sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal (Purn) Tito Karnavian setelah dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan hari ini ke DPR. Pak Idham Aziz, Kabareskrim. Satu saja (yang diajukan),” kata Presiden Jokowi usai melantik para menterinya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Baca Juga:

Selama menjadi anggota polisi, banyak sepak terjang yang sudah Idham berikan untuk korps Bayangkara, diantaranya:

Pada 9 November 2005 lalu, Idham bersama dengan timnya berhasil melumpuhkan gembong teroris, Dr Azhari di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur. Atas prestasinya, Idham mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.

Selang satu hari setelah melumpuhkan gembong teroris Dr Azhari, pada 10 November 2005, Idham diterbangkan  ke Poso untuk bergabung dengan Tito Karnavian. Idham menjadi Wakil Ketua Satgas Bareskrim Poso mendampingi Tito untuk mengungkap kasus mutilasi tiga gadis kristen yang terjadi di Poso, pada 12 November 2005 lalu.

Banyaknya kasus- kasus besar yang ditangani Idham, membuat kariernya cepat melejit. Ia pernah menjadi Kapolda Sulawesi Tengah. Kemudian, pada 23 September hingga 2o Juli 2017, Idham  ditugaskan sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. Karir Idham meroket terus hingga akhirnya ia di dapuk menjadi Kapolda Metro Jaya, hingga berlanjut melejit menjadi Kabareskrim. Bintang tiga pun bertengger di pundaknya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *