Internasional

September, Presiden Korsel akan Temui Kim Jong-un di Korut

Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un saat bertemu di Desa Panmunjom, Zona Demiliterisasi, April 2018. (Foto: AFP)

Seoul: Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak yang kedua, September mendatang di Pyongyang. 

"Kedua negara sepakat untuk mengatakan KTT lagi dan akan menjadi kunjungan pertama Presiden Korsel ke ibu kota Korut selama lebih dari satu dekade," sebut pernyataan dari Kementerian Unifikasi Korsel, dikutip dari AFP, Senin 13 Agustus 2018. 

Dalam rapat tersebut, kepala delegasi Korut, Ri Son-gwon mengatakan, pertemuan Korsel dan Korut yang digelar kembali ini merupakan harapan dan keinginan rakyat dua negara.

"Kami telah membuka era di mana kami maju bergandengan tangan dengan Korsel. Kami rasa ini lebih baik daripada berjalan sendiri-sendiri," ucap Ri.

Tanggapan yang positif juga dilontarkan Menteri Unifikasi Korsel Cho Myoung-gyon yang memimpin delegasi Seoul yang mengatakan bahwa Korsel pun senang bisa kembali bersahabat dengan Korut.

"Banyak masalah yang harus diselesaikan, dan kedua pemimpin kita sangat menginginkan pertemuan kembali," tutur dia.

KTT Korsel dan Korut mendatang diharapkan berfokus kepada konsensus resmi untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953, yang selama ini berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close