Serangan Roket Hamas vs Israel Bersahutan di Palestina, Puluhan Orang Tewas

  • Whatsapp
Foto: AFP

INDOPOLITIKA.COM – Tensi ketengan antara pasukan Hamas dan tentara zionis Israel makin panas. Saling serang dengan roket antara kedua kubu tak terelakan. Informasi terbaru menyebutkan sebanyak 22 warga Palestina termasuk anak-anak tewas serta 106 orang terluka dalam insiden yang terjadi pada Selasa (11/5/2021).

Serangan roket diawali oleh Hamas sebagai balasan atas tindakan biadab Ziones yang menyerang warga di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem, sebelumnya. Tak lama kemudian, Israel juga membalas serangan tersebut.

Berita Lainnya

“Sembilan anak termasuk di antara mereka yang tewas di Jalur Gaza dalam serangn ini,” kata otoritas kesehatan setempat seperti dilansir dari Arab News.

Lebih dari 200 roket telah ditembakkan oleh pasukan militan Palestina ke Israel sejak Senin, dengan lebih dari 90 persen dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome, kata juru bicara militer Jonathan Conricus.

Setidaknya enam tentara Israel terluka. Israel sendiri menanggapi serangan Hamas dengan meluncurkan 130 serangan dengan jet tempur dan helikopter dengan sasaran daerah kantong militer Hamas. Serangan ini menewaskan 15 komandan dari Hamas, dan kelompok Jihad Islam, kata Conricus kepada wartawan.

Tentara Israel menyerang kompleks Masjid al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem al-Quds pada 10 Mei 2021 selama bentrokan dengan pengunjuk rasa Palestina. Foto: AFP

Lebih banyak roket diluncurkan dari daerah kantong pantai pada Selasa, ketika sayap bersenjata Brigade Qassam Hamas bersumpah akan mengubah komunitas Ashkelon di Israel selatan menjadi “neraka”.

Conricus mengatakan Israel tidak memiliki konfirmasi bahwa serangannya telah berdampak pada warga sipil Gaza, atau apakah korban di sana disebabkan oleh roket Palestina yang salah tembak.

Hamas, sebelumnya, sudah melempar sinyal bahwa mereka akan menyerang Israel terkait kerusuhan di Masjid Al-Aqsa. Ketika kerusuhan terjadi, mereka mengancam akan menyerang Israel apabila aparat mereka tidak segera membubarkan diri di Masjid Al-Aqsa. Selain itu, Hamas juga meminta warga Palestina turun ke jalan dan melawan Israel. [ind]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *